Desain Graphical User Interface Pada Sistem Telemetri Autonomous Mobile Robot

AGUNG MAULIDIN

Informasi Dasar

22.04.2429
004.695
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi robotika telah sampai pada zaman autonomous robot. Autonomous Mobile Robot adalah Sebuah robot yang dapat melakukan navigasi secara mandiri dan melakukan tugas-tugas yang diberikan tanpa bimbingan dari manusia. Biasanya sering digunakan untuk menjelajahi suatu lingkungan.


Salah satu cara untuk mengendalikan serta memonitoring robot tersebut dengan menggunakan Graphical User Interface (GUI). Penelitian ini difokuskan untuk mendesain perancangan visualisasi grafis data dan pengendalian robot menggunakan suatu antar muka atau yang lebih dikenal dengan Graphical User Interface (GUI). User bisa memberi perintah berupa waypoint yang ingin dicapai kepada mobile robot. Untuk komunikasi Full Duplex antara user dengan mobile robot menggunakan Telemetri. Telemetri juga tersambung dengan mikrokontroller untuk mengirim dan menerima data satu sama lain.

Hasil dari penelitian ini adalah membuat tampilan aplikasi GUI yang bisa melakukan navigasi jarak jauh serta memonitoring lokasi dan kondisi robot secara realtime. Dibuat aplikasi untuk memonitoring dengan cepat yang responnya kurang dari 1 detik. Komunikasi data yang bisa dilakukan dari jarak jauh dengan delay kurang dari 3 detik dan persentase kehilangan paket data 0% selama proses pengiriman data.

Subjek

INTERNET OF THINGS
ROBOTICS AND AUTOMATION,

Katalog

Desain Graphical User Interface Pada Sistem Telemetri Autonomous Mobile Robot
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNG MAULIDIN
Perorangan
Agung Surya Wibowo, Irham Mulkan Rodiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TEI4N3 - PEMBELAJARAN MESIN DAN APLIKASI
  • TEI4B3 - ROBOTIKA
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini