Sarana hiburan yang paling digemari oleh banyak kalangan masyarakat hingga saat ini adalah permainan atau game pada media elektronik seperti smartphone ataupun Personal Computer (PC). Seiring perkembangan teknologi, industri game pun berkembang dengan pesat. Untuk menciptakan game yang menarik untuk dimainkan, game perlu dibuat serealistis mungkin dengan mengimplementasikan sistem Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada NPC (Non-Player Character) sebagai sistem perilaku dan navigasi dalam game. Salah satu sistem yang umum diketahui adalah pathfinding algorithm atau algoritma pencarian rute. Pahtfinding algorithm merupakan konsep dasar algoritma yang umum digunakan sebagai sistem navigasi karakter dalam sebuah game. Dengan penggunaan pathfinding algorithm, NPC dapat bergerak dengan sendirinya setelah diterapkan algoritma tersebut. Hal ini dapat membuat game yang diciptakan akan lebih menarik. Pada penelitian ini, akan dibuat game bergenre labirin dengan menerapkan salah satu algortima pencarian rute, yaitu algoritma A* melalui metode pathfinding sebagai sistem navigasi dan perilaku pada NPC didalam game.
Kata Kunci: A*, AI, Algoritma, Game, NPC, Pathfinding