PENERAPAN ALGORITMA A* SEBAGAI SISTEM PENCARIAN RUTE PADA NPC GAME LABIRIN

DEMA GHIFARI AULIANSYAH

Informasi Dasar

22.04.2442
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sarana hiburan yang paling digemari oleh banyak kalangan masyarakat hingga saat ini adalah permainan atau game pada media elektronik seperti smartphone ataupun Personal Computer (PC). Seiring perkembangan teknologi, industri game pun berkembang dengan pesat. Untuk menciptakan game yang menarik untuk dimainkan, game perlu dibuat serealistis mungkin dengan mengimplementasikan sistem Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada NPC (Non-Player Character) sebagai sistem perilaku dan navigasi dalam game. Salah satu sistem yang umum diketahui adalah pathfinding algorithm atau algoritma pencarian rute. Pahtfinding algorithm merupakan konsep dasar algoritma yang umum digunakan sebagai sistem navigasi karakter dalam sebuah game. Dengan penggunaan pathfinding algorithm, NPC dapat bergerak dengan sendirinya setelah diterapkan algoritma tersebut. Hal ini dapat membuat game yang diciptakan akan lebih menarik. Pada penelitian ini, akan dibuat game bergenre labirin dengan menerapkan salah satu algortima pencarian rute, yaitu algoritma A* melalui metode pathfinding sebagai sistem navigasi dan perilaku pada NPC didalam game.

Kata Kunci: A*, AI, Algoritma, Game, NPC, Pathfinding

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

PENERAPAN ALGORITMA A* SEBAGAI SISTEM PENCARIAN RUTE PADA NPC GAME LABIRIN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEMA GHIFARI AULIANSYAH
Perorangan
Randy Erfa Saputra, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI3H3 - KECERDASAN BUATAN
  • TKI4F3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini