Analisis Sentimen Kategori Aspek Pada Ulasan Produk Menggunakan Metode kNN Dengan Seleksi Fitur Mutual Information

ALEX WIRA WILANTAPOERA

Informasi Dasar

144 kali
22.04.2447
006.35
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Analisis sentimen adalah bidang yang cukup populer untuk menganalisis opini, sikap, dan emosi terhadap suatu subjek dari banyak orang. Dalam hal ini teks ulasan menjadi alat untuk menilai, menimbang, dan mengkritik sebuah produk yang diulas. Produk adalah suatu hal yang dapat memuaskan seorang konsumen dalam bentuk yang beragam seperti barang, jasa, dan sebagainya. Pada penelitian ini dilakukan sebuah implementasi sebuah klasifikasi pada ulasan produk kecantikan dari situs Female Daily dengan menggunakan metode k-Nearest Neighbor (kNN). Metode kNN merupakan metode yang umum digunakan untuk klasifikasi. Lalu menggunakan Mutual Information (MI) sebagai metode seleksi fiturnya. Pada penelitian ini dihasilkan nilai akurasi 91,59% pada aspek price, 90,33% pada aspek packaging, 50,05% pada aspek product, dan 85,89% pada aspek aroma.

Subjek

Natural language processing
Machine - learning,

Katalog

Analisis Sentimen Kategori Aspek Pada Ulasan Produk Menggunakan Metode kNN Dengan Seleksi Fitur Mutual Information
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALEX WIRA WILANTAPOERA
Perorangan
Widi Astuti, Mahendra Dwifebri Purbolaksono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • CII4E4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini