SISTEM NAVIGASI WAYPOINT PADA AUTONOMOUS MOBILE ROBOT MENGGUNAKAN METODE PID

ALEXANDER FERNANDO LAMAPAHA

Informasi Dasar

22.04.2452
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem navigasi pada mobile robot merupakan salah satu perkembangan dalam teknologi robot. Sistem navigasi mobile robot diharapkan dapat membantu peran manusia, misalnya dalam melakukan pemetaan  suatu wilayah yang sulit dijangkau oleh manusia karena medan yang sulit ataupun kondisi lingkungan yang berbahaya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah sistem navigasi waypoint pada mobile robot yang dapat bergerak dan menghindari rintangan secara otomatis menuju titik yang telah ditentukan oleh operator. Sistem yang dibuat terdiri dari modul GPS receiver sebagai penentu posisi, modul magnetic compass sebagai penentu arah,sensor jarak sebagai pendeteksi rintangan,serta pengendali PID untuk menjaga kestabilan sistem waypoint control. Hasil kendali PID akan mengendalikan waypoint pada mobile robot dengan menggerakan motor driver. Data yang diperoleh dari ketiga sensor tersebut diproses oleh mikrokontroler guna megatur pergerakan motor DC sebagai penggerak robot.

Melalui user interface di PC yang terhubung secara wireless menggunakan radio telemetry dengan robot, operator dapat menentukan titik-titik waypoint. Harapannya, sistem akan dapat menggerakan mobile robot menuju titik-titik waypoint yang telah ditentukan serta dapat menghindari rintangan yang menghalangi jalan robot sehingga robot dapat bergerak menentukan arah untuk mencapai lokasi tujuan.

Kata kunci : mobile robot, waypoint, GPS receiver, magnetic compass, PID

 

Subjek

CONTROL SYSTEMS
ELECTRIC ENGINEERING,

Katalog

SISTEM NAVIGASI WAYPOINT PADA AUTONOMOUS MOBILE ROBOT MENGGUNAKAN METODE PID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALEXANDER FERNANDO LAMAPAHA
Perorangan
Agung Surya Wibowo, Irham Mulkan Rodiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EL2323 - DASAR SISTEM KONTROL
  • FEH2G4 - ELEKTRONIKA
  • TEI4B3 - ROBOTIKA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini