PERANCANGAN PERILAKU PEMANDU PADA GAME JELAJAH NUSANTARA MENGGUNAKAN METODE INTELLIGENT AGENT

ANANDA PHOUN AKBAR SULISTYO

Informasi Dasar

22.04.2475
006
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Penggunaan game edukasi dalam pembelajaran dan pengajaran terus meningkat. Karena game edukasi mempunyai kelebihan utama dalam hal visualisasi dari permasalahan nyata. Game edukasi juga memiliki bentuk   pengajaran yang cepat, menarik dan bermanfaat. Game edukasi juga lebih mudah membuat anak-anak memahami pembelajaran. Salah satu pemahaman yang harus dipelajari oleh anak-anak yaitu pengenalan benda serta namanya. Secara umum, game edukasi telah banyak dikembangkan namun tidak banyak game edukasi yang mudah dipahami oleh anak-anak dan masih harus dibawah pengawasan orang tua.

Game jelajah nusantara memiliki karakter NPC pemandu dan laba – laba yang harus ditaklukan oleh pemain. Karakter NPC ini dirancang menggunakan metode intelligent agent untuk mengatur semua perilaku yang dilakukan oleh NPC pada game jelajah nusantara. Intelligent agent merupakan sebuah metode yang mengatur perilaku NPC dalam melangkah dan mengambil tindakan berdasarkan sistem.

Hasil dari implementasi perilaku NPC menggunakan metode intelligent agent adalah dapat mengatur perilaku yang dilakukan oleh karakter NPC sesuai dengan nilai parameter yang diberikan. Hasil pengujian terhadap pengguna atau responden pada google form sebanyak 30 orang menghasilkan 63% memilih sangat suka terhadap perilaku NPC. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perilaku NPC pada game jelajah nusantara sudah sangat sesuai.

Kata Kunci: Game, Game Edukasi, intelligent agent, NPC.

Subjek

Skripsi
ARTIFICIAL INTELLIGENCE,

Katalog

PERANCANGAN PERILAKU PEMANDU PADA GAME JELAJAH NUSANTARA MENGGUNAKAN METODE INTELLIGENT AGENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANANDA PHOUN AKBAR SULISTYO
Perorangan
PURBA DARUKUSUMA, ASHRI DINIMAHRAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini