PENGEMBANGAN SISTEM PETA PADA GAME EDUKASI BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE CELLULAR AUTOMATA

NAUFAL SYAIFUL IHROM

Informasi Dasar

22.04.2481
621.384 56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi telah banyak berkembang pesat dan zaman sudah mulai berubah ke zaman digital, hal ini mempengaruhi anak pada usia dini mulai melupakan nilai-nilai budaya Indonesia. Masalah utama yang sekarang adalah anak-anak pada tingkat taman kanak-kanak tidak diberikan pengenalan terhadap budaya Indonesia dengan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, Untuk memberikan edukasi tentang budaya Indonesia maka dibuatlah game Jelajah Nusantara, game ini menceritakan seorang anak laki – laki yang memiliki misi yang diberikan presiden untuk mencegah para pencuri budaya mencuri alat - alat tradisional yang dimiliki Indonesia.

Karakter utama pada game Jelajah Nusantara dirancang menggunakan metode finite state machine untuk mengatur pergerakan dari karakter utama dan objek apa saja yang bisa berinteraksi dengan karakter utama. Finite State Machine merupakkan model yang digunakan untuk menggambarkan dan mengatur aliran eksekusi biasanya digunakan untuk program komputer dan rangkaian logika urutan. Pada game Jelajah Nusantara terdapat mini game yang dirancang menggunakan metode cellular automata yang digunakan untuk membuat pulau tempat bermain secara automatis.

Hasil pengujian terhadap pergerakkan karakter utama yang dirancang menggunakan metode Finite State Machine sudah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan game, Hasil pengujian terhadap pengguna atau responden yang berjumlah 30 responden mayoritas menyukai game Jelajah Nusantara dengan persentase suka 31% dan sangat suka 66%.

Kata Kunci: Game, Game Edukasi, Budaya, Cellular Automata, Finite State Machine.

Subjek

Skripsi
cellular telephone systems,

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM PETA PADA GAME EDUKASI BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE CELLULAR AUTOMATA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAUFAL SYAIFUL IHROM
Perorangan
PURBA DARUKUSUMA, ASHRI DINIMAHARAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini