Abstrak
Penelitian ini merupakan pengembangan media dalam pelaksanaan tur kampus yang di implementasikan ke dalam tur virtual yang berbasis game simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah melihat area kampus bagi mahasiswa yang berada di kota atau negara berbeda dari kampus tersebut. Melihat kondisi sekarang yang masih di situasi pandemi COVID-19 yang mengharuskan semua orang melakukan kegiatan di rumah menjadi batasan bagi masyarakat terutama mahasiswa mengunjungi kampus secara langsung.
Untuk memberikan pengalaman menarik dari simulasi yang dimainkan, pembuatan Non-Playable Character (NPC) dan gameplay simulasi Tur Kampus Virtual yang membentuk para Non-Playable Character (NPC) mempunyai tugas dan tujuan masing-masing. Tugas yang akan diberikan adalah memberikan informasi terkait gedung dan fasilitas yang ada di kampus. Informasi mereka akan berbeda-beda dikarenakan setiap Non-Playable Character (NPC) akan ditempatkan di berbagai gedung dan fasilitas yang akan memberikan informasi itu ke pemain, maka akan terlahir pengalaman yang menarik di setiap gameplay dari simulasi yang dimainkan, karena satu gameplay tidak akan selalu sama pengalamnya dengan gameplay sebelumnya.
Simulasi ini dikembangkan pada platform desktop Windows dengan pembuatan Non-Playable Character (NPC) dan gameplay simulasi Tur Kampus Virtual. Pengujian dilakukan pada 56 orang dengan umur 16-19 tahun. Hasil yang diperoleh, 87.5% responden setuju bahwa simulasi ini berhasil berinteraksi dengan Non-Playable Character (NPC). 94.6% mengatakan mendapatkan banyak informasi tentang Telkom University sehingga meningkatkan pengetahuan calon mahasiswa terhadap Telkom University. Di dapatkan 85.7% responden juga berpendapat tertarik dengan Telkom University.
Kata Kunci: Game Simulasi, Tur Kampus Virtual, Non-Playable Character (NPC), Gameplay