PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA NON-PLAYABLE CHARACTER HEWAN PENJAGA DI GAME

FARHANSYAH IQBAL FADJRIANTO

Informasi Dasar

22.04.2487
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game adalah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat secara menarik tujuanya untuk hiburan dan juga untuk mendapatkan kepuasan batin. Dalam sebuah game, salah satu unsur yang dapat dianggap penting untuk mendukung jalannya game dan realitas dari dunia game adalah Non-Player Character (NPC). Non-Playable Character dapat membuat sebuah game menjadi lebih hidup dan nyata dari segi cara Perpindahannya.

Maka dari itu peneliti membuat game yang berjudul “Happy Farmgame ini adalah game peternakan, pemain akan diarahkan untuk menjaga dan membangun sebuah peternakan yang didalamnya terdapat dari beberapa karakter diantaranya: Ayam, Sapi, Kambing sebagai pet atau hewan ternak, kemudian ada anjing sebagai hewan penjaga dari pet itu sendiri dan ada Beruang sebagai predator atau musuh dalam game tersebut. Dalam pembuatan game ini peneliti menggunakan metode  finite state machine. Metode finite state machine adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi).

Berdasarkan hasil yang dibuat, peneliti bisa membuat perilaku Non-Player Character pada hewan penjaga di game “Happy Farm” dengan menggunakan metode Finite State Machine, Hewan penjaga akan muncul jika pemain membeli item hewan penjaga dengan koin, kemudian setelah koin terkumpul dan membeli hewan penjaga maka hewan penjaga akan muncul dan melakasanakan tugasnya yaitu menjaga hewan – hewan ternak dari hewan predator. Pada pengujian user, terdapat 26 responden, yaitu 25 responden dengan rentang usia 21-30 tahun, dan 1 responden dengan rentang usia 16-20 tahun, kemudian sebanyak 84.6% responden menilai game ini cocok untuk anak usia dibawah 13 tahun, dan sebanyak 61.6% responden merasa game memberikan edukasi/pengetahuan kepada mereka.

Kata Kunci: Game, peternakan, Non – Playable Character, Finite State Machine.

Subjek

COMPUTER GAMES
GAME PROGRAMMING,

Katalog

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA NON-PLAYABLE CHARACTER HEWAN PENJAGA DI GAME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARHANSYAH IQBAL FADJRIANTO
Perorangan
PURBA DARU KUSUMA, ASHRI DINIMAHARAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI3H3 - KECERDASAN BUATAN
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini