PENGEMBANGAN PERILAKU KARAKTER IBU PADA GAME WIRA DENGAN METODE INTELLIGENT AGENT

NOVIANTO ARYANSYAH

Informasi Dasar

88 kali
22.04.2488
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wirausaha atau bisa disebut juga dengan pengusaha memainkan peran

penting sebagai struktur dalam suatu negara. Pemerintah menargetkan lebih dari 5

juta pengusaha baru untuk mendorong penguatan struktur ekonomi negara. Oleh

karena itu pengenalan tentang kewirausahaan sejak dini sangat diperlukan untuk

mendukung pencapaian tujuan pemerintah. Game dengan konten edukasi

merupakan sarana bagi anak untuk mengenal dan belajar tentang kewirausahaan

salah satunya dengan bermain game.

Game yang bertajuk Wira Games ini dikembangkan untuk memberikan

edukasi dalam berwirausaha. Game ini dirancang untuk mendidik atau

mengedukasi secara langsung tentang perhitungan, berinteraksi, dan bagaimana

cara mengatasi hama. NPC ibu pada game ini dirancang menggunakan metode

intelligent agent untuk memberikan pentujuk kepada pemain dan mempermudah

dalam permainannya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode intelligent agent dapat

diterapkan pada NPC ibu. Hasil pengujian survei yang dilakukan dengan

perhitungan skala likert menunjukan bahwa game ini menarik, mudah dimainkan,

dan konten edukasinya mudah dipahami. Persentase sebesar 80,00% mengatakan

bahwa karakter NPC ibu sudah sesuai dengan karakternya yang membantu

pemain dalam bermain game.

Kata Kunci: Kewirausahaan, Non-Playable Character, Intelligent Agent

Subjek

GAME PROGRAMMING
SPECIAL COMPUTER METHODS,

Katalog

PENGEMBANGAN PERILAKU KARAKTER IBU PADA GAME WIRA DENGAN METODE INTELLIGENT AGENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVIANTO ARYANSYAH
Perorangan
PURBA DARU KUSUMA, RATNA ASTUTI NUGRAHAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini