Klasifikasi Ukuran dan Kualitas Telur Ayam Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network

MUHAMMAD FARRAS ADI PRATAMA

Informasi Dasar

22.04.2489
006.32
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telur merupakan bahan makanan yang banyak dikonsumsi. Menurut Badan Pusat Statistik, telur yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah telur ayam ras. Konsumsi yang tinggi harus diikuti dengan pemilahan telur yang baik. Sayangnya, metode pemilahan di Indonesia belum memanfaatkan teknologi dengan optimal karena masih sedikitnya metode untuk pemilahan telur dengan teknologi.

Berdasarkan hal tersebut, maka melalui penelitian Tugas Akhir ini ditawarkan solusi Klasifikasi Citra Telur Ayam Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network (CNN). CNN memiliki performa dan akurasi yang baik untuk mengklasifikasi gambar. Klasifikasi kualitas telur ayam yang dianalisa adalah kondisi fisik dan warna kerabang.

Hasil pengujian arsitektur CNN modifikasi dengan parameter terbaik menghasilkan akurasi training 79% dan akurasi validasi 90%. Classification Report menghasilkan nilai precision 67%, recall 75%, dan F1-Score 71%. Model CNN modifikasi belum bisa mengklasifikasikan kualitas telur dengan optimal dan performanya lebih buruk daripada menggunakan Support Vector Machine. Hasil pengujian akhir menggunakan fungsi logika if dan else cukup efektif tapi pada penelitian ini menjadi buruk diakibatkan hasil model klasifikasi yang buruk.

Subjek

NEURAL NETWORKS
ARTIFICIAL INTELLIGENCE,

Katalog

Klasifikasi Ukuran dan Kualitas Telur Ayam Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FARRAS ADI PRATAMA
Perorangan
Anggunmeka Luhur Prasasti, Marisa W. Paryasto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini