Pengembangan 3D Modeling Untuk Pemetaan Keraton Kanoman Dengan Menggunakan Real Time Locating System

MUHAMMAD ARHAM IRSYAD

Informasi Dasar

22.04.2492
791. 43
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem navigasi membantu pengunjung untuk mengakses tempat baru yang belum dikenal. Dengan kemajuan teknologi saat ini memungkinkan pengunjung menggunakan sistem ini dengan Smartphone, namun tidak seperti Global Positioning System (GPS) yang menggunakan satelit, Real Time Locating System tidak bisa dijalankan secara efektif jika hanya mengandalkan GPS dikarenakan pengampilan bangunan dari bagian atas sehingga tertutup atap dan menutupi dalam ruangan. Sehingga diperlukannya solusi untuk hal tersebut. Solusi yang dimaksud menggunakan Real Time Locating System untuk membuat pengunjung dapat mengetahui navigasi pada suatu ruangan.

Pembuatan Sistem ini bertujuan untuk membuat para pengunjung tidak kebingungan ketika datang ke suatu tempat baru. Pada studi kasus ini diimplementasikan Real Time Locating System menggunakan Augmented Reality(AR) sebagai solusi untuk mengarahkan pengunjung ke tujuan yang ingin mereka tuju. Implementasinya dalam bentuk aplikasi mobile yang menggunakan sistem operasi Android dengan bantuan Unity AR Foundation dan ARCore. Penelitian ini dilakukan di Keraton Kanoman Cirebon, Kota Cirebon.

Hasil dari pengujian didapatkan arah jalur navigasi yang ditampilkan pada aplikasi mengarah ke destinasi yang tepat dan sesuai jalur, Namun pada pemindaian QR Code perlu menyesuaikan dengan arah denah agar navigasi yang ditampilkan mengarahkan navigasi ke tujuan yang tepat. Aplikasi dapat berjalan lancar pada frame rate 60fps tanpa ada penurunan, serta penggunaan RAM yang stabil disekitar 1500 s.d 2000 MB.

Subjek

MOBILE APPLICATION
ANIMATION-COMPUTER PROGRAMMING,

Katalog

Pengembangan 3D Modeling Untuk Pemetaan Keraton Kanoman Dengan Menggunakan Real Time Locating System
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ARHAM IRSYAD
Perorangan
UMAR ALI AHMAD, FUSSY MENTARI DIRGANTARA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI4A3 - PEMROGRAMAN MOBILE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini