Selama pandemi juga, pengguna internet terutama pada media sosial di Indonesia meningkat cukup besar. Hal tersebut tentu membawa perubahan dalam melakukan kegiatan strategi pemasaran bagi UMKM, karena media sosial menjadi salah satu strategi yang dinilai cukup efektif selama masa pandemi, maka beberapa UMKM merasa hal tersebut membawa dampak yang kurang menyenangkan karena mengharuskan untuk beradaptasi dengan perkembangan digital yang ada agar dapat mengimbangi perkembangan teknologi yang pesat dengan mengubah strategi pemasaran dan memanfaatkan ruang digital untuk dapat membantu memperluas jangkauan konsumen dan juga membangun usaha tersebut secara daring atau online agar tidak kalah saing dan tertinggal dengan kompetitor. Sayangnya masih banyak UMKM yang kurang bisa menyesuaikan kondisinya di masa pandemi, beberapa UMKM merasa minim pengetahuan dalam daya saing digital dan kurang bisa memahami terkait informasi pemasaran digital yang tersebar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari wawancara, studi pustaka, dan observasi yang kemudian dianalisis menggunakan matriks perbandingan. Perancangan ini dibuat bertujuan agar menjadi alternatif media yang memberikan informasi terkait strategi pemasaran digital melalui media sosial bagi UMKM
terdampak Covid – 19.
Kata Kunci: Media Informasi, UMKM, Pemasaran Media Sosial