KLASIFIKASI EMOSI KOMPLEKS YANG NEGATIF PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE

REZA MUHAMMAD FADILLAH

Informasi Dasar

22.04.2536
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Emosi merupakan salah satu bahasa tubuh yang melibatkan banyak aspek seperti perilaku, tindakan, pikiran, dan juga perasaan. Emosi memiliki banyak bentuk. Emosi juga dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan secara tersirat. Tetapi,  manusia kadang  tidak dapat mendefinisasikan arti dari emosi tersebut. Terutama pada anak-anak oleh karena itu, dikarenakan semakin berkembangnya teknologi yang cepat, banyak sekali teknologi yang dapat digunakan untuk mengetahui arti ekspresi emosi pada anak-anak. 

Salah satunya adalah dengan mengklasifikasikan emosi berdasarkan raut wajah dan juga gestur tubuh. Metode klasifikasi ini dapat menggunakan algoritma Support Vector Machine dengan cara mengklasifikasikan data berdasarkan atribut dan sample data melalui training data. Pada data ini digunakan dataset dari EmoReact yang berisikan data ekspresi anak-anak yang meliputi beberapa ekspresi seperti jijik, takut, frustasi dan netral.

Penelitian ini dapat mengklasifikasikan emosi pada anak berdasarkan dari raut wajah dan gestur tubuh mereka untuk mengklasifikasi emosi tersebut. Klasifikasi Emosi pada anak ini dapat memberikan dampak yang baik pada orang tua agar dapat mengetahui emosi pada anak-anak mereka. Hasil pada penelitian tugas akhir ini mendapatkan hasil klasifikasi dengan Accuracy 94.00%, Precision 95.00%, Recall 95.00%, F1-Score 95.00%.

Kata Kunci: Emosi, Klasifikasi, Ekspresi, Support Vector Machine

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

KLASIFIKASI EMOSI KOMPLEKS YANG NEGATIF PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZA MUHAMMAD FADILLAH
Perorangan
Anggunmeka Luhur Prasasti, Randy Erfa Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini