BIG DATA UNTUK PREDIKSI AWAL TANAM DAN WAKTU SUPLAI AIR UNTUK PADI DI LAHAN RAWA LEBAK TENGAHAN, KEBUN PERCOBAAN BANJARBARU, KALIMANTAN SELATAN

AZKA MUJADDID

Informasi Dasar

22.04.2542
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lahan rawa lebak di Kebun Percobaan Banjarbaru adalah lahan yang digunakan untuk mengatasi menyusutnya lahan subur khususnya untuk tanaman padi. Tanaman padi di lahan rawa membutuhkan waktu yang sesuai dan kebutuhan suplai air yang cukup untuk mendapatkan hasil panen padi yang berkualitas. Untuk mendapatkan waktu tanam dan suplai air yang cukup, maka dibutuhkannya data Neraca Air. Oleh karena itu dalam Tugas Akhir ini sebuah aplikasi dibuat untuk mempermudah pengelolaan data Neraca Air dalam upaya memprediksi kapan awal musim kemarau.

Data awal musim kemarau digunakan untuk menentukan awal tanam dan kebutuhan suplai air padi di lahan rawa lebak tengahan Kebun Percobaan(KP) Banjarbaru - Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (BALITTRA), Kalimantan Selatan. Untuk membuat aplikasi tersebut dibutuhkan tool, layanan online dan metode yang digunakan. Tool yang digunakan adalah Android Studio dengan bahasa program Java, menggunakan Online Service Firebase untuk membuat database sebagai penyimpanan data (Big Data) dan metode Single Moving Average untuk menentukan kapan melakukan awal tanam tanaman padi.

Dengan aplikasi yang sudah dibuat terbukti dapat membantu BALITTRA dalam mengolah data yang diperlukan dalam memprediksi musim kemarau untuk awal tanam dan pemberian suplai air tanaman padi di lahan rawa lebak tengahan KP Banjarbaru dan mempermudah petani padi di lahan rawa lebak tengahan untuk menentukan awal tanam tanaman padi dengan keakuratan 87%. Uji QoS pada penelitian ini dilaksanakan untuk proses transfer data dari aplikasi admin ke Firebase dan proses pengiriman notifikasi update data ke aplikasi petani. Hasil pengukuran untuk parameter throughput, delay, dan packet loss menunjukkan data-data dengan kategori baik menurut standar ITU-T pada tipe komunikasi data Low Priority Transaction.

Kata Kunci: Big Data, Android Studio, Java, Single Moving Average, Firebase, QoS.

Subjek

APPLICATION SOFTWARE
 

Katalog

BIG DATA UNTUK PREDIKSI AWAL TANAM DAN WAKTU SUPLAI AIR UNTUK PADI DI LAHAN RAWA LEBAK TENGAHAN, KEBUN PERCOBAAN BANJARBARU, KALIMANTAN SELATAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AZKA MUJADDID
Perorangan
Iman Hedi Santoso, Vika Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4L3 - MOBILE APPLICATION

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini