Virus Corona atau dikenal sebagai Covid-19 merupakan jenis virus yang dapat menginfeksi manusia yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Dengan menyebarnya virus ini ke berbagai negara, WHO selaku organisasi kesehatan dunia menetapkan pandemi global pada pertengahan Maret 2020 termasuk negara Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Indonesia mengalami kerugian besar pada beberapa sektor baik dari kesehatan, perekonomian maupun pendidikan. Sistem pendidikan yang diubah menjadi sistem daring sering menyebabkan adanya trial dan error sehingga menghambat proses pembelajaran. Pembelajaran daring yang dilalui oleh peserta didik dapat berakibat kejenuhan, begitupun dari sisi pengajar. Kebanyakan peserta didik tinggal bersama keluarga selama masa pandemi ini. Hal ini menyebabkan peserta didik memiliki keterbatasan dalam mengerjakan tugas hingga malam hari dan kemungkinan beberapa mahasiswa juga memiliki hubungan keluarga yang tidak baik. Maka itu, dibutuhkan media yang dapat mengilustrasikan fenomena tersebut beserta solusi yang berguna kepada pengajar untuk berkreasi dan menciptakan ruang belajar yang lebih menarik dan menyenangkan selama masa pandemi ini. Media yang dirancang berupa film animasi pendek. Pengumpulan data untuk kebutuhan tugas akhir ini menggunakan teknik fenomenologi dalam data kualitatif yang didapatkan melalui studi literatur, observasi dan wawancara mengenai fenomena pendidikan yang terjadi pada masa pandemi. Perancangan tugas akhir ini diharapkan menjadi bentuk motivasi kepada pengajar di bidang pendidikan agar dapat menciptakan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta memiliki kesempatan pula untuk berkolaborasi dengan anggota keluarga dalam menyelesaikan suatu masalah.
Kata kunci: Animasi, Kejenuhan, Pandemi, Pendidikan, dan Penyutradaraan