PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE DAN TELEGRAM UNTUK PEMANTAUAN PELANGGARAN LALU LINTAS BERBASIS INTERNET OF THINGS

DANENDRA DHIAULICHSAN GIAR PRAMIYADI

Informasi Dasar

22.04.2554
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

          Kurangnya literasi terhadap aturan berkendara menyebabkan meningkatnya angka pelanggaran di kawasan perumahan. Hal tersebut dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Maka dari itu salah satu caranya adalah membuat suatu alat monitoring kecepatan kendaraan dan kebisingan suara kendaraan berbasis database berfungsi sebagai pendeteksi pelanggaran seperti kendaraan yang berkecepatan melebihi batas kecepatan maksimum dan kendaraan yang berknalpot bising di lingkungan perumahan dengan menggunakan platform Internet of Things. Tujuan dari alat ini ialah untuk menjadikan kawasan perumahan lebih aman khususnya untuk anak kecil maupun paruh baya.

            Platform Internet of Things yang digunakan ialah sistem web server yang dapat melakukan proses monitoring berdasarkan Internet of Things untuk membantu Dinas Perhubungan dalam memastikan data sensor kecepatan kendaraan dan kebisingan suara kendaraan. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan sistem berfungsi dengan menguji fungsionalitas website, Quality of Service (QoS) berdasarkan parameter delay dan throughput pada standar ITU-T G.1010 dan hasil pengujian server.

            Hasil pengujian fungsionalitas fitur pada website dapat bekerja dengan baik. Hasil pengujian QoS yang didapatkan pada proses user menuju website berdasarkan parameter delay dan throughput pada standar ITU-T G.1010 serta menggunakan software wireshark. Untuk nilai delay rata-rata yang didapatkan sebesar 0,405s, Sedangkan untuk nilai throughput rata-rata yang didapatkan sebesar 5686 bps atau 5,6 kbps.

Kata Kunci: Website, Web Server, Internet of Things, Pelanggaran di Jalan Raya.

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE DAN TELEGRAM UNTUK PEMANTAUAN PELANGGARAN LALU LINTAS BERBASIS INTERNET OF THINGS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANENDRA DHIAULICHSAN GIAR PRAMIYADI
Perorangan
Iman Hedi Santoso, Fardan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini