FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2020)

NOVIA MEGA PRATIWI

Informasi Dasar

22.04.2555
332.015 195
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penerapan manajemen risiko berhubungan erat dengan pelaksanaan good corporate governance, yaitu prinsip transparansi yang menuntut diterapkannya enterprise risk management, isu corporate governance muncul karena terjadinya pemisahan antara kepemilikan dengan pengendalian perusahaan yang dikenal dengan istilah masalah keagenan. Dengan cara menjembatani asimetri informasi pengungkapan laporan keuangan dapat mengurangi masalah keagenan yang terjadi antara manajemen dengan pemegang saham. Banyaknya indikator yang diungkapkan dalam laporan keuangan mampu meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan yang telah mengungkapkan manajemen risiko dalam laporan tahunan perusahaan memberikan sinyal positif bagi stakeholders bahwa perusahaan telah menerapkan manajemen risiko sebagai salah satu aspek penting dalam tata kelola perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris secara simultan maupun parsial mengenai pengaruh ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, dan konsentrasi kepemilikan terhadap pengungkapan enterprise risk management (studi pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 – 2020). Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Data yang diolah adalah data sekunder melalui website Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, dan konsentrasi kepemilikan secara simultan berpengaruh dan terhadap pengungkapan enterprise risk management. Secara parsial, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan enterprise risk management, sedangkan ukuran dewan komisaris dan konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan enterprise risk management. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi enterprise risk management, selain itu penelitian ini dapat dijadikan wawasan untuk memprediksi enterprise risk management yaitu ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, dan konsentrasi kepemilikan. Oleh karena itu, diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh antar variabel ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, dan konsentrasi kepemilikan terhadap pengungkapan enterprise risk managemet.

Kata Kunci: Enterprise Risk Management, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan.

Subjek

RISK MANAGEMENT
RISK MANAGEMENT-SIMULATION METHODS,

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi pada Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVIA MEGA PRATIWI
Perorangan
Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini