PERANCANGAN SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK TANAMAN CABAI

FARHAN RAMANDHEO DWINANDA PITDRI

Informasi Dasar

22.04.2559
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

     Cabai merupakan salah satu tanaman yang sangat digemari masyarakat dikarenakan rasanya yang pedas sehingga dapat menambah nafsu makan. Ada beberapa faktor yang dapat menghambat pertumbuhan cabai. salah satunya yaitu penyiraman. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem yang dapat membantu masyarakat dalam melakukan penyiraman otomatis serta monitoring tingkat kelembaban cabai dan suhu disekitar tanaman cabai  sehingga dapat menghemat waktu.

    Dalam penelitian ini, dirancang sistem penyiraman otomatis berdasarkan tingkat kelembaban tanah berbasis Internet of Things. Sistem menggunakan sensor suhu dan soil moisture sensor untuk mengukur tingkat kelembaban tanah dan suhu disekitar tanaman cabai. menggunakan water pump sebagai tenaga untuk melakukan penyiraman. Sistem menggunakan solar cell powerbank sebagai sumber daya utama. Tujuan penggunaan solar cell agar bisa melakukan pengisian daya secara otomatis saat siang hari.  Untuk menyimpan data, menggunakan Antares Database. Untuk menampilkan tingkat kelembaban dan suhu, menggunakan aplikasi sederhana yang dirancang sendiri yanf dinamai monatize.

    Penelitian dilakukan dengan membandingkan sensor yang digunakan dengan alat pengukur yang tersedia di pasaran. Selisih rata rata  total yang didapatkan yaitu 0.968 untuk sensor kelembaban dan 0.221 untuk sensor suhu. Pada pengujian Quality of Service mendapat kategori bagus karena sesuai dengan standarisasi telekomunikasi internasional (ITU-T). Dengan adanya perancangan sistem penyiraman otomatis ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dan bisa mensejahterakan pertanian.

Kata Kunci : Internet of Things, penyiraman otomatis, kelembaban tanah, Suhu NodeMCU, Smart farming,  Antares.

 

Subjek

IOT FUNDAMENTAL
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK TANAMAN CABAI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARHAN RAMANDHEO DWINANDA PITDRI
Perorangan
Achmad Ali Muayyadi, Doan Perdana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI3I3 - MIKROPROSESOR DAN IOT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini