Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

ZAIDAN ALFANI

Informasi Dasar

22.04.2563
658.408
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan corporate social responsibility merupakan sebuah konsep tentang perlunya sebuah perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat dan stakeholder lainnya. Pengungkapan corporate social responsibility penting bagi perusahaan karena sudah diatur dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas No.40 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 3 bahwa perusahaan harus berikut serta dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan untuk menambah kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan, baik bagi perseroan, komunitas setempat, dan masyarakat pada umumnya.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial dari profitabilitas, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan komite audit terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan subsektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Metode dalam penelitian penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini memiliki 92 data observasi yang didapat dari 26 perusahaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan komite audit berpengaruh simultan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Secara parsial, ukuran dewan komisaris, dan komite audit berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan profitabilitas, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Pada peneliti selanjutnya, disarankan dapat menggunakan variabel bebas lain yang memiliki pengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Peneliti selanjutnya juga dapat menambahkan periode penelitian agar dapat mengetahui sejauh mana perusahaan dalam mengungkapkan corporate social responsibility.

Subjek

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
SOCIAL RESPONSIBILITY IN BUSINESS,

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, dan Komite Audit Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAIDAN ALFANI
Perorangan
Muhammad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4284 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini