IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS PADA TANAMAN HIDROPONIK CABAI BERBASIS WEB SERVER

FACHRI ADITYA

Informasi Dasar

22.04.2567
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kini kemajuan teknologi yang saat ini banyak digunakan ialah Internet of Things (IOT), telah dilakukan pendayagunaan dalam berbagai bidang, serta dalam bidang pertanian seperti hidroponik. Hidroponik ialah teknik penanaman tanaman tanpa menggunakan sarana tumbuh dari tanah melainkan menggunakan air sebagai sarana tumbuh untuk pertumbuhan tanaman. Pada tugas akhir ini penulis menggunakan tanaman cabai rawit. Cabai rawit ialah salah satu sayuran yang cukup penting dikarenakan dapat menambah cita rasa pedas dan pewarna alami merah pada makanan serta dapat digunakan sebagai tanaman obat karena mampu mengatasi berbagai penyakit. Salah satu metode hidroponik yang digunakan ialah metode hidroponik dutch bucket sebab tanaman cabai rawit memiliki jenis akar tunggang sehingga sangat sesuai menggunakan metode hidroponik dutch bucket.

Pada penelitian tugas akhir kali ini bertujuan untuk memonitoring serta dapat melihat penyimpanan data bebrbasis web server yang terhubung ke internet dan mengaksesnya melalui website. Dan dapat diakses dimana dan kapan saja. Data sensor yang terdapat pada media hidroponik akan dikirimkan menggunakan konektifitas yang terdapat pada modul ESP32 dan diparsing ke API (Application programming interface), data parsing akan di get ke database web server, database yang digunakan adalah MySql database. Berikutnya data yang terdapat pada database ditampilkan pada website menggunakan protokol HTTP dan HTTPS. Agar  website yang dirancang dapat diakses menggunakan alamat http://hidroponicmonitoring.my.id/, penulis menyewa sebuah domain dan menyiapkan hosting.

Berdasarkan hasil dari pengujian sistem perangkat, diketahui perangkat berjalan dengan baik selama kurun waktu 24 jam dan mampu mengirimkan data menuju MySql database per 30 detik. Pengolahan pengiriman data dari nodeMCU menuju MySql database membuktikan bahwa pada sistem QoS mempunyai rata-rata nilai yang sangat baik dengan masing-masing parameter yaitu throughput sebesar 10,172 bps dan delay sebesar 63,0 ms.

Kata kunci : Database, Website, Web server

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS PADA TANAMAN HIDROPONIK CABAI BERBASIS WEB SERVER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FACHRI ADITYA
Perorangan
Achmad Ali Muayyadi, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI3I3 - MIKROPROSESOR DAN IOT
  • TTI3G2 - PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK (JAVA)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini