PENGARUH KEMAMPUAN TEKNOLOGI DAN INOVASI AMBIDEXTERITY TERHADAP KETAHANAN WIRAUSAHA WANITA PADA INDUSTRI FASHION DI KOTA BANDUNG

MUTIA SHAKI KARINA

Informasi Dasar

22.04.2571
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat signifikan terhadap pembangunan perekonomian nasional. Salah satunya Fashion menjadi sektor dari ekonomi kreatif yang menyumbang PDB terbesar yang menepati urutan kedua dengan kontribusi sebesar 17,7% dari jumlah data usaha sebanyak 1.230.988. Dari banyaknya jumlah UMKM yang didirikan, bahwasannya lebih dari 60% usaha yang dijalankan tersebut didirikan oleh wanita. Namun saat adanya pandemi COVID-19 hampir seluruh masyarakat indonesia dan sektor industri mengalami dampak krisis yang signifikan terhadap perekonomian. kondisi tersebut menyebabkan wirausaha harus beradaptasi dan bertahan dalam kondisi yang tidak mengungtungkan dengan cara beralih dalam kegiatan usahanya kedalam digital dan melakukan inovasi. Namun, akses internet dan indeks kesiapan digital pelaku usaha tersebut menunjukkan bahwa UMKM tersebut belum sepenuhnya siap untuk beralih ke media digital.

Studi ini menganalisis pengaruh kemampuan teknologi dan inovasi ambidexterity pada ketahanan wirausaha. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan sebagai teknik analisis yang melibatkan 220 wirausaha wanita pada industri fashion di kota bandung yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner lima poin pada skala Likert dengan 31 pertanyaan.

Hasilnya menunjukkan bahwa inovasi ambidexterity berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketahanan wirausaha. kemampuan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inovasi ambidexterity. Namun, kemampuan teknologi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketahanan wirausaha. Inovasi ambidexterity memainkan peran sebagai mediasi dalam hubungan antara kemampuan teknologi dan ketahanan wirausaha yang menghasilkan pengaruh positif dan signifikan. Penelitian ini dapat menjadi informasi bagi para wirausaha untuk meningkatkan ketahanan wirausaha agar dapat bertahan dan beradaptasi dalam kondisi yang kurang menguntungkan dengan meningkatkan kemampuan teknologi untuk menciptakan inovasi. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan wawasan tentang kemampuan teknologi, inovasi ambidexterity, dan ketahanan wirausaha.

Kata Kunci: Kemampuan Teknologi, Inovasi Ambidexterity, dan Ketahanan Wirausaha

Subjek

1.ENTREPRENURIAL
ENTREPRENEURIAL MARKETING,

Katalog

PENGARUH KEMAMPUAN TEKNOLOGI DAN INOVASI AMBIDEXTERITY TERHADAP KETAHANAN WIRAUSAHA WANITA PADA INDUSTRI FASHION DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIA SHAKI KARINA
Perorangan
Grisna Anggadwita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & IInformatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini