ALAT MONITORING SEPEDA STATIS UNTUK KESEHATAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE DAN INTERNET OF THINGS

DEVA MELITA ARVIANA

Informasi Dasar

22.04.2582
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Masyarakat meyakini bahwa olahraga banyak manfaatnya bagi kesehatan dan imunitas. WHO (World Health Organization) merekomendasikan semua orang dewasa berusia 18-64 tahun untuk berolahraga. Menurut Badan Pusat Pada tahun 2021 sebesar 27,14 persen penduduk berumur 5 tahun ke atas melakukan olahraga. Sepeda statis banyak digunakan dalam kegiatan ergometer dengan memperhatikan frekuensi, durasi, dan intensitas untuk mengacu pada tolak ukur kebugaran.

Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem monitoring berbasis Website dan Internet of Things (IoT) menggunakan sepeda statis bernama Healthy Bike untuk memantau aktifitas olahraga seperti kecepatan, kecepatan rata-rata, durasi jarak tempuh, RPM, cadence, dan kalori terbakar. Alat ini bertujuan untuk memonitoring perkembangan aktifitas olahraga pengguna sepeda statis dan sarana praduga untuk memonitoring kesehatan masyarakat dengan memantau seluruh pengguna berdasarkan grafik statistik Indeks Massa Tubuh (IMT) suatu kelompok masyarakat dengan media website yang dilengkapi dengan teknik gamifikasi dengan elemen yang digunakan berupa point, level, leaderboard, badges. Peneliti juga melakukan pengujian performasi sistem berupa pengukuran QoS.

Hasil pengujian fungsionalitas, seluruh fitur yang terdapat pada website monitoring sepeda statis dapat diakses oleh pengguna dan admin. Hasil pengujian gamification untuk website dilakukan secara subjektif menggunakan QoE dengan indeks nilai 4,67 Atau setara dengan Sangat Baik. Hasil pengujian Quality of Service (QoS) pada pengujian latency sebesar 0,17707 s ketika dibebankan 100 user, sebesar 0,19187 s ketika dibebankan 200 user, sebesar 0,22386 s ketika dibebankan 300 user, , sebesar 0,27434 s ketika dibebankan 400 user, sebesar 0,36882 s ketika dibebankan 500 user. Sedangkan pada pengujian troughput didapatkan sebesar 9,8 kbps ketika dibebankan pada 100 user, sebesar 8,0 kbps ketika dibebankan 200 user, sebesar 7,3 kbps ketika dibebankan 300 user, sebesar 6,7 kbps ketika dibebankan 400 user, dan 5,2 kbps ketika dibebankan 500 user.

Kata Kunci : Sepeda Statis, Gamification, Internet of Things, Kesehatan Masyarakat.

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

ALAT MONITORING SEPEDA STATIS UNTUK KESEHATAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE DAN INTERNET OF THINGS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVA MELITA ARVIANA
Perorangan
Ahmad Tri Hanuranto, Retno Hendryanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini