PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENDETEKSI KECEPATAN PADA KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN SENSOR HC-SR 04

MUHAMMAD PASCAL KASHFUZZUNUN

Informasi Dasar

22.04.2584
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jalan raya merupakan sarana penghubung antara tempat satu ke tempat yang lain untuk mempermudah masyarakat dalam berkendara. Namun kurangnya literasi terhadap aturan berkendara menyebabkan meningkatnya angka pelanggaran di jalan raya. Hal tersebut dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, maka dari itu salah satu caranya ialah membuat suatu alat berbasis Internet of Things (IoT) yang berfungsi sebagai pendeteksi pelanggaran seperti kendaraan berknalpot bising dan kendaraan yang melewati batas kecepatan maksimum. Tujuan dari alat ini adalah untuk memonitor pelanggaran yang terjadi di jalan raya.
Alat yang akan dibuat dari penelitian ini berfokus pada pelanggaran pengendara yang melewati batas maksimum kecepatan. Selain mendeteksi kecepatan dari pengendara, alat ini juga nantinya akan menangkap gambar dari pengendara yang melakukan pelanggaran. Alat ini akan menggunakan sensor HC – SR04 Ultrasonic yang di dalamnya terdapat sebuah speaker ultrasonic dan microphone ultrasonic yang berfungsi untuk memancarkan dan menerima pantulan suara ultrasonic, serta alat tambahan seperti Liquid Crystal Display (LCD) sebagai penampil nilai dari kecapatan, lalu semuanya akan terhubung dengan microcontroller Arduino Nano dan kemudian Arduino akan mengirimkan data serial kepada ESP32 - CAM yang berfungsi untuk penangkap gambar jika ada pengendara yang melewati batas kecepatan maksimum. Hasil dari data alat tersebut nantinya akan dikirim ke database yang sudah disediakan dan dapat dilihat melalui website yang sudah disiapkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah dapat membantu pihak pengguna jalan agar lebih waspada dalam berkendara supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Serta dapat membantu pihak yang berwenang untuk menindak lanjuti pelanggaran dari para pengendara yang sudah melanggar peraturan agar dapat mendapat efek jera.
Berdasarkan hasil pengujian sisem perangkat, diketahui bahwa perangkat dapat menghitung kecepatan dan menangkap foto jika ada pengendara yang melanggar batas kecepatan yang sudah ditentukan. Data yang tercatat melanggar dapat terkirim ke database yang sudah disediakan. Proses pengiriman data dari alat menuju database menunjukan bahwa QoS pada sistem ini termasuk kategori baik dengan masing masing nilai yaitu throughput sebesar 21.833 kbps, delay sebesar 0.191 s dan packet loss bernilai 0 %.
Kata Kunci : IoT, Sensor Kecepatan, Sensor HC – SR04 Ultrasonic, ESP32 – CAM, Arduino Nano.
 

 

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT PENDETEKSI KECEPATAN PADA KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS INTERNET OF THINGS MENGGUNAKAN SENSOR HC-SR 04
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD PASCAL KASHFUZZUNUN
Perorangan
Iman Hedi Santoso, Fardan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini