Website Monitoring Tanaman Padi dengan Metode Hidroponik Berbasis IoT

MILLENDRA SHANDY PRATAMA

Informasi Dasar

22.04.2606
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hidroponik adalah salah satu metode bercocok tanam dengan menggunakan air sebagai media tanam. Fungsi tanah yang awalnya digunakan sebagai media tanam bisa diganti dengan alternatif lain dengan menggunakan metode hidroponik. Tanaman hidroponik membutuhkan perawatan yang lebih daripada tanaman yang ditanam dengan metode biasa. Karena itu, tanaman yang ditanam dengan metode ini membutuhkan pengontrolan yang baik dalah hal nutrisi, kualitas air, intensitas cahaya dan suhu udara agar memperoleh hasil yang berkualitas. Kesulitan pengontrolan ini menjadi latar belakang utama dari perancangan website monitoring dengan menggunakan Internet of Things.

     Internet of Things adalah suatu konsep masa depan dimana sebuah objek dapat mengirimkan data dengan internet sebagai medianya tanpa harus terhubung dengan manusia. IoT sendiri memiliki ekosistem yang terdiri dari objek pintar, perangkat cerdas, dan smartphone. IoT berfungsi memudahkan segala pekerjaan yang dilakukan manusia, salah satunya adalah memantau atau mengontrol sesuatu hanya dengan smartphone atau gadget.

Website ini menggunakan Firebase sebagai database untuk menyimpan data yang diterima dari sensor yang terhubung dengan mikrokontroler utama. Data yang diterima oleh Firebase sebagai database akan dikirimkan ke API (Application Programming Interface) untuk diolah sehingga bisa dilihat langsung didalam website. Data yang diterima antara lain adalah kualitas air, nutrisi, suhu, dan kelembaban udara.

 

Kata Kunci: Database, Website, Internet of Things, Padi.

Subjek

IOT NETWORKING TECHNOLOGY
 

Katalog

Website Monitoring Tanaman Padi dengan Metode Hidroponik Berbasis IoT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MILLENDRA SHANDY PRATAMA
Perorangan
Nyoman Bogi Aditya Karna, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI1E3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • TTI3I3 - MIKROPROSESOR DAN IOT
  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini