IMPLEMENTASI PERANGKAT IOT UNTUK SMART PARKING DALAM MENENTUKAN SLOT PARKIR TERDEKAT PADA LAHAN PARKIR

TRISNO BINTANG PAMUNGKAS

Informasi Dasar

22.04.2608
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin meningkatnya jumlah kendaraan dari tahun ke tahun, lahan parkir menjadi suatu permasalahan di pusat perbelanjaan, kampus, dan tempat umum atau fasilitas publik. Sulitnya mencari tempat parkir menjadi suatu faktor kerugian bagi pengendara. Untuk meminimalisir kerugian yang terjadi, maka diperlukan suatu sistem yang dapat menentukan lokasi parkir.

Dalam tugas akhir ini dirancang sitem smart parking yang akan menentukan lokasi parkir terdekat dari pintu masuk. Pengendara akan menerima karcis parkir dari thermal printer yang berisikan nomor slot parkir dan barcode sebagai pembayaran. Terdapat sensor ultrasonik untuk mendeteksi keberadaan suatu objek yang dihubungkan dengan Arduino Mega 2560. WiFi Expansion Shield digunakan untuk mengirim data ke database. Dengan mengetahui ketersediaan parkiran sejak awal, maka pengguna parkir lebih menghemat waktu.

Berdasarkan hasil pengujian sistem perangkat, diketahui bahwa perangkat dapat memberikan informasi ketersediaan slot parkir dan dapat mengirimkan data sensor ultrasonik menuju database. Proses pengiriman data dari sensor ultrasonik menuju database menunjukan bahwa QoS pada sistem ini termasuk kategori baik dengan masing masing nilai yaitu throughput sebesar 3276,3 bps, packet loss sebesar 0%, dan delay sebesar 159,08 ms.

Kata kunci : Internet of Things, Smart Parking, Sensor Ultrasonik, Arduino Mega 2560, WiFi Expansion Shield, Thermal Printer.

Subjek

INTERNET OF THINGS
 

Katalog

IMPLEMENTASI PERANGKAT IOT UNTUK SMART PARKING DALAM MENENTUKAN SLOT PARKIR TERDEKAT PADA LAHAN PARKIR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRISNO BINTANG PAMUNGKAS
Perorangan
Nyoman Bogi Aditya Karna, Sussi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini