SISTEM KEAMANAN DATA PADA IoT BERBASIS MQTT DAN DATABASE MYSQL MENGGUNAKAN METODE RSA

ALDI DWI FEBRIYANTO

Informasi Dasar

22.04.2621
005.82
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiringnya perkembangan zaman, bidang teknologi Internet of Things (IoT) semakin maju terutama di bidang pengiriman dan penyimpanan data. Tetapi siapa yang menduga jika ternyata dibalik kemajuan teknologi yang pesat menyimpan ketakutan terhadap pencurian data. Adapun solusi untuk mengatasi pencurian data tersebut sistem seharusnya memakai Kriptografi. Kriptografi dapat meminimalisir pencurian data agar tidak disalahgunakan. Pada penelitian tugas akhir ini akan dirancang suatu sistem yang dapat menjaga keamanan pada proses pengiriman data IoT melalui protokol MQTT penyimpanan data pada PHP MyAdmin dengan Metode RSA.

Data sensor yang digunakan menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 yang diaplikasikan didalam mikrokomputer Raspberry Pi 4. Data sensor yang masuk kedalam sistem secara otomatis diubah menjadi chipertext menggunakan metode RSA dengan dua skenario yaitu RSA 1024 bit dan 2048 bit. Setelah itu data akan dikirimkan melalui MQTT menuju database PHP MyAdmin. Didalam database data yang berbentuk chipertext secara otomatis akan di dekripsi.

Berdasarkan hasil pengujian sistem, diketahui bahwa sistem dapat melakukan enkripsi pada data sensor dan dapat mengirimkan data dalam bentuk chipertext melalui MQTT menuju database. Nilai rata-rata response times untuk skenario RSA 1024 bit sebesar 879,4 ms untuk proses enkripsi dan 2189,83 ms untuk proses dekripsi. Untuk skenario RSA 2048 bit didapatkan hasil rata-rata pengujian Response Times untuk 10, 20, dan 30 data sebesar 2.859,27 ms untuk proses enkripsi dan 228.060,91 ms untuk proses dekripsi. Proses pengiriman data dari sensor menuju database menunjukan bahwa QoS pada sistem yang telah dibuat termasuk kategori baik dengan masing-masing nilai rata-rata untuk skenario RSA 1024 bit dan RSA 2048 bit yaitu throughput  6932,04 Kb/s dan 6167,03 Kb/s, packet loss sebesar 0% serta delay sebesar 243,3 ms dan 589,5 ms.

Kata Kunci : RSA, Internet of Things, Sistem Keamanan, Enkripsi, Dekripsi, MQTT.

Subjek

Cryptography
 

Katalog

SISTEM KEAMANAN DATA PADA IoT BERBASIS MQTT DAN DATABASE MYSQL MENGGUNAKAN METODE RSA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDI DWI FEBRIYANTO
Perorangan
Sofia Naning Hartiana, Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4E3 - CYBER SECURITY
  • TTI3L3 - KRIPTOGRAFI DAN PROTOKOL KEAMANAN
  • TTI2F2 - PEMROGRAMAN PYTHON

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini