PERANCANGAN MEDIA EDUKASI KREATIF SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMPERKENALKAN JAJANAN KULINER TRADISIONAL BETAWI UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN DI JAKARTA

IVAN FATHURRAHMAN

Informasi Dasar

22.04.2623
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Budaya Betawi merupakan hasil akulturasi dari beberapa suku di Indonesia dan beberapa bangsa di dunia. Namun, pada kenyataannya eksistensi budaya Betawi kini mulai memudar dan hampir hilang. Begitupun kuliner tradisional Betawi yang merupakan salah satu produk budaya sebuah masyarakat. Dimana dalam perkembangannya kuliner Betawi tidak lagi menjadi kuliner yang eksis di Jakarta. Dengan demikian, perlu adanya sebuah media untuk memperkenalkan atau memviralkan kuliner tradisional Betawi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang board game edukasi sebagai strategi untuk memperkenalkan sekaligus mempertahankan eksistensi kuliner tradisional Betawi di kalangan generasi muda Betawi tkhususnya anak-anak yang berasal dari kota Jakarta. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan matriks perbandingan sehingga didapatkan bahasan mengenai game design, board game, kuliner Betawi, dan desain komunikasi visual. Bahasan-bahasan inilah yang kemudian dijadikan sebagai acuan perancangan board game edukasi bertemakan kuliner tradisional yang baik dan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang ada.

Subjek

GAMES DESIGN
GRAPHIC DESIGN,

Katalog

PERANCANGAN MEDIA EDUKASI KREATIF SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMPERKENALKAN JAJANAN KULINER TRADISIONAL BETAWI UNTUK ANAK USIA 9-12 TAHUN DI JAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IVAN FATHURRAHMAN
Perorangan
DIMAS KRISNA ADITYA, GANJAR GUMILAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI (SMSTR 7/8)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini