PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MONOPOLE PLANAR ULTRA WIDE-BAND UNTUK KOMUNIKASI SELULER

ADIESTA INDRIYANI

Informasi Dasar

22.04.2640
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi pengembangan seluler sangatlah berkembang dengan pesat sampai saat ini teknologi tersebut sudah sampai di era Jaringan 5G. Seiring berjalannya waktu akan di kembangkan antena yang dapat di peruntukanuntuk alat telekomunikasi berupa gawai yang nantinya dapat melakukan komunikasi jarak jauh di tempat yang lemah terhadap sinyal (3G), (4G) dan sinyal (5G). Penulis mengangkat judul ini dengan tujuan dapat dipergunakan di daerah yang tidak menjangkau sinyal (3G), (4G) dan Sinyal (5G).

 

Dengan fekuensi yang di pakai pada penelitian ini adalah 800 MHz sampai 3.5 GHz. Teknik yang digunakan dalam perancangan antena pada tugas Akhir ini yaitu menambahkan Slot yang di mana teknik ini diharapkan dapat memperbesar nilai return loss dan VSWR serta menggunakan metode Defected Ground Structure (DGS), untuk dapat memperbesar nilai gain dan bandwidth yang baik sehingga semua frekuensi seluler dapat tercakup. Bahan yang digunakan adalah substrat berbahan FR-4 dengan ketebalan 1.6mm dengan catuan Mikrostrip feedline pada antena Ultra Wide-Band yang di mana antena Ultra Wide-Band dapat digunakan untuk menggantikan antena multi-pita sempit, yang secara efektif dapat mengurangi jumlah antena.

 

Hasil perancangan yang di lakukan dalam penelitia tugas akhir ini adalah dengan membuat antena monopole planar dengan patch circular dengan hasil performa antena pada simulasi software di peroleh nilai Pada frekuensi 3.5 GHz nilai return loss sebesar -19.23 dB, bandwidth sebesar 1.2 GHz, VSWR 1.23, gain 5.349 dBi dengan pola radiasi yang dihasilkan yaitu bidirectional. Hasil Pengukuran Pada frekuensi 3.5 mendapatkan nilai return loss -13.00 dB dengan lebar bandwidth 1.6 GHz, VSWR 1.63 dan memperoleh nilai gain sebesar 5.021 dBi dengan pola radiasi bidirectional.

 

Kata Kunci: Ultra Wide-Band (UWB), Seluler, sloted patch, DGS

Subjek

ANTENNAS
PLANAR ANTENNA,

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MONOPOLE PLANAR ULTRA WIDE-BAND UNTUK KOMUNIKASI SELULER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADIESTA INDRIYANI
Perorangan
Levy Olivia Nur, Edwar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini