ANALISIS PENGARUH MUTUAL COUPLING TERHADAP KAPASITAS SISTEM MIMO YANG MENGGUNAKAN ANTENA BERPOLARISASI SIRKULAR

MAWARNI BAGASTA SIMANJUNTAK

Informasi Dasar

22.04.2665
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem komunikasi nirkabel saat ini membutuhkan kecepatan data yang tinggi, peningkatan kapasitas, kualitas tinggi, dan keandalan yang tinggi. Sistem Multiple Input Multiple Outpu(MIMO) menyediakan teknologi yang sesuai untuk persyaratan ini tanpa memerlukan bandwidth tambahan namun menggunakan beberapa antena, dengan jarak dan jumlah elemen tertentu. Sistem antena MIMO mensyaratkan nilai mutual coupling dan korelasi yang baik agar antar elemen tidak saling mempengaruhi.

Berbagai metode telah dipelajari dan dianalisis untuk mengurangi mutual  coupling dan peningkatan isolasi antara antena, termasuk teknik diversitas. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis antena MIMO berdasarkan teknik diversitas polarisasi, dengan melihat pengaruhnya terhadap kapasitas kanal. Tugas Akhir ini difokuskan pada analisis pengaruh mutual coupling antar elemen antena untuk melihat pengaruhnya terhadap kapasitas kanal. Telah disimulasikan beberapa konfigurasi antena yang sudah ada dari penelitian sebelumnya pada kondisi kanal Rayleigh, menggunakan aplikasi Matlab.

Berdasarkan simulasi yang telah dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan adanya peningkatan nilai kapasitas kanal. kapasitas terbesar yaitu 116 bps/Hz untuk skenario cross polarisasi L-R-L-R elemen atas R-L-R-L elemen bawah pada SNR 20 dB. Simulasi dilakukan dengan 6 skenario penelitian yaitu RHCP, LHCP, R-L-R-L elemen atas L-R-L-R elemen bawah, L-R-L-R elemen atas R-L-R-L elemen bawah, R-L-R-L elemen atas R-L-R-L elemen bawah, L-R-L-R elemen atas L-R-L-R elemen bawah. Tiap skenario tersebut dianalisis pada 2 kondisi kanal yaitu dekorelasi dan korelasi. Kapasitas kanal dengan kondisi dekorelasi memiliki nilai peningkatan kapasitas sekitar 2 kali lebih besar daripada kondisi korelasi pada SNR 20 dB.

Kata Kunci : mutual coupling, antena MIMO, kapasitas kanal

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH MUTUAL COUPLING TERHADAP KAPASITAS SISTEM MIMO YANG MENGGUNAKAN ANTENA BERPOLARISASI SIRKULAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAWARNI BAGASTA SIMANJUNTAK
Perorangan
Trasma Yunita, Levy Olivia Nur
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini