ANALISIS WACANA KRITIS THEME SONG TAGLINE “PINARAK BOJONEGORO” SEBAGAI CITY BRANDING PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO

CHRISTIN ELVARIANI SURYO PUTRI

Informasi Dasar

110 kali
22.04.2667
659.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang wacana yang dibentuk melalui theme song tagline “Pinarak Bojonegoro”, sebagai bentuk dari City Branding yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Analisis Wacana Kritis yang dikembangkan oleh Van Dijk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pilihan bahasa, pola hubungan produksi, dan konteks sosial yang melatarbelakangi terciptanya theme song tagline “Pinarak Bojonegoro”. Penelitian ini berjenis kualitatif, dimana data yang digunakan adalah lirik lagu “Pinarak Bojonegoro”, dengan Sumber Data yang merupakan hasil wawancara langsung dengan sang penulis lagu. Data dikumpulkan dengan teknik simak, catat, dan wawancara, kemudian hasil yang diperoleh diolah, dianalisis, dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pilihan gaya bahasa atau majas seperti eufemisme, metafora, serta pengulangan, penulis lagu mengangkat wacana pariwisata lokal dengan harapan masyarakat luas dapat lebih melihat keunggulan sektor pariwisata Kabupaten Bojonegoro. Pada tahap kognisi, penulis menemukan bahwa kedekatan antara Bupati dan pihak Komite Ekonomi Kreatif melatarbelakangi terciptanya theme song tagline “Pinarak Bojonegoro”. Pada tahap konteks, dapat dilihat bahwa perkembangan teknologi dalam bidang sosial media sangat mempengaruhi strategi pemasaran yang dilakukan oleh pemerintah dalam mempromosikan sektor pariwisata di Bojonegoro.

Subjek

PUBLIC RELATIONS-STRATEGY
PUBLIC RELATIONS,

Katalog

ANALISIS WACANA KRITIS THEME SONG TAGLINE “PINARAK BOJONEGORO” SEBAGAI CITY BRANDING PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHRISTIN ELVARIANI SURYO PUTRI
Perorangan
Sri Dewi Setiawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Digital Public Relations
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • PRH3A3 - METODE PENELITIAN KOMUNIKASI KUALITATIF
  • KHI4J4 - SKRIPSI
  • KHI2K3 - STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini