ANTENA MIKROSTRIP TEKSTIL PERSEGI WEARABLE 5,8 GHz UNTUK TELEMEDIS

FAATIHAH DHEA SHIVANY

Informasi Dasar

22.04.2674
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Telemedis adalah layanan kesehatan yang dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan audio, visual, data yang melibatkan tenaga kesehatan dengan pasien untuk mendapatkan status kesehatan dari pasien. Antena wearable banyak dikembangkan dalam komponen aplikasi telemedis. Antena wearable merupakan sebuah antena yang dirancang untuk diintegrasikan menempel pada tubuh manusia dan salah satu jenis pengaplikasian dari komunikasi Wireless Body Area Network (WBAN). Antena tekstil merupakan jenis antena wearable yang menggunakan bahan tekstil, penggunaan bahan tekstil tersebut sangat baik digunakan untuk diterapkan dibidang telemedis karena sifat bahan tekstil yang ringan, lembut, dan fleksibel.

Dalam penelitian tugas akhir ini, telah dirancang antena mikrostrip berbahan tekstil dengan patch berbentuk persegi pada Frequency Industry Scientific and Medical (ISM) 5,8 GHz yang menggunakan bahan kain jeans sebagai substrat dan copper tape sebagai bahan konduktor untuk patch dan ground plane. Antena mikrostrip dirancang dengan menggunakan teknik DGS dan teknik catuan feedline. Hasil simulasi yang telah dibuat dibandingkan dengan realisasi antena dengan menganalisis parameter antena dan nilai Spesific Absorption Ratio (SAR) yang berpengaruh terhadap jarak antena dari tubuh.

Dari hasil simulasi pada saat kondisi biasa didapatkan bandwidth sebesar 190 MHz dengan nilai VSWR 1,37 dan gain sebesar 6,08 dBi. Secara keseluruhan, antena dapat bekerja dengan baik dan dapat digunakan untuk aplikasi telemedis pada Frequency Industrial, Scientific and Medical (ISM) yaitu 5,8 GHz. Dari hasil simulasi setelah di berikan phantom pada jarak 5 mm dari pergelangan tangan terdapat pergeseran frekuensi kerja yaitu pada 5,72 GHz. Didapatkan nilai VSWR 1,33 dengan bandwidth 250 MHz, nilai gain 6,41 dB, nilai polaradiasi unidireksional serta nilai SAR 1,114 w/kg.

Kata kunci : Telemedis, Antena Mikrostrip, Antena Wearable

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

ANTENA MIKROSTRIP TEKSTIL PERSEGI WEARABLE 5,8 GHz UNTUK TELEMEDIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAATIHAH DHEA SHIVANY
Perorangan
Heroe Wijanto, Levy Olivia Nur
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini