PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI MATERIAL UNTUK AKSESORI BUSANA ANTING DAN KALUNG (Studi kasus: Bank Sampah Bersinar Baleendah)

ANTONIO JUNICO DA CRUZ SOARES

Informasi Dasar

22.04.2725
746.028
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank sampah merupakan wadah atau tempat pengumpulan sampah yang sudah si ambil dari tempat pengumpulan sampah yang berukuran kecil dan disatukan di tempat yang mengumpulkan sampah itu yang nantinya kemudia dipilih, dipilah, ditimbang, dicatat dan akan di kirimkan langsung ke pihak pengepul atau industri pengolahan sampah plastik yang berskala besar. Permasalahan sampah plastik yang dialami oleh masyarakat saat ini sangat sangat kompleks, dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadapa dampak sampah plastik yang nantinya dihasilkan. Mengolah sampah plastik menjadi material alternatif merupakan cara untuk mendaur ulang sampah menjadi seuatu yang memiliki nilai ekonomi atau bermanfaat. Mendaur ulang sampah plastik menjadi aksesori busana adalah salah satu alternatif dari sekian banyak pengolahan sampah yang sudah dilakukan oleh para peneliti sebelumnya. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menangani sampah plastik yang mencemari lingkungan. Bank sampah bersinar (BSB) menjadi organisasi yang melakukan hal yang peduli terhadap lingkungan dengan proses mengumpulkan, menyortir, menimbang dan meneruskan sampah plastik ke pihak pengepul atau industri pengolahan sampah plastik. Daur ulang sampah plastik menjadi aksesori busana anting dan kalung adalah tujuan bank sampah bersinar agar dapat mengolah sampah tersendiri, hal ini karena bank sampah bersinar (BSB) melihat potensi yang mereka miliki sangat besar. maka dari itu mereka bekerja sama dengan peniliti agar mampu menemukan cara yang tepat yang nantinya diaplikasikan dalam pengolahan sampah plastik menjadi dengan produk yang berukuran kecil maka dari itu peneliti dan pihak bank sampah bersepakat untuk membuat aksesori busana anting dan kalung yang nantinya mampu diaplikasikan kedepan nya.

Kata kunci : Bank sampah, Sampah Plastik, Aksesori busana

Subjek

PLASTIK ANALYSIS
TEXTILE ARTS, PRODUCT DESIGN,

Katalog

PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI MATERIAL UNTUK AKSESORI BUSANA ANTING DAN KALUNG (Studi kasus: Bank Sampah Bersinar Baleendah)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANTONIO JUNICO DA CRUZ SOARES
Perorangan
HANIF AZHAR, FAJAR SADIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini