Komunikasi Interpersonal Perawat dan Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran

MUTIA FIRDAUSI

Informasi Dasar

22.04.2731
658.314 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Adanya virus COVID-19 sebagai wabah dunia mengakibatkan Indonesia berada pada status pandemi. Seluruh tenaga kesehatan di dunia kini menggunakan seragam baru ketika bertugas yaitu Alat Pelindung Diri untuk melindungi diri dari virus COVID-19, termasuk perawat COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran. Perawat COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran harus menggunakan Alat Pelindung Diri berupa Hazmat dalam melakukan tugasnya termasuk ketika berinteraksi dengan pasien. Namun masih ada pasien yang tidak terbiasa melihat tampilan baru dari perawat tersebut sehingga menimbulkan ketakutan yang dapat mengganggu komunikasi antara perawat dan pasien COVID-19. Meskipun COVID-19 merupakan wabah dunia, penyakit ini dapat disembuhkan apabila ditangani dan dikomunikasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana komunikasi interpersonal yang terjadi  antara perawat danpasien COVID-19 dalam pemulihan kesehatan pasien beserta hambatan-hambatannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan grounded theory. Adapun teori yang digunakan adalah komunikasi interpersonal menurut Joseph A. DeVito dengan menerapkan aspek-aspek pendekatan humanistik seperti Keterbukaan (openness), Empati (Empathy), Sikap Mendukung  (Supportiveness), Sikap Positif (Positiveness), dan Kesetaraan (Equality). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa Komunikasi interpersonal antara perawat dan pasien COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran dimulai melalui pendekatan dengan menerapkan sikap positif dan empati untuk mencapai keterbukaan pasien kemudian adanya pemberian dukungan pada pasien. Dengan menerapkan ke-empat aspek tersebut terciptalah kesetaraan dan kedekatan antara perawat dan pasien COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran sehingga dapat membantu pemulihan kesehatan pasien. Kemudian ditemukan hambatan komunikasi berupa prasangka buruk dan perbedaan Bahasa.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran 

 

 

Subjek

INTERPERSONAL COMMUNICATION
Interpersonal relations-communication,

Katalog

Komunikasi Interpersonal Perawat dan Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIA FIRDAUSI
Perorangan
Kharisma Nasionalita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KII2D3 - KOMUNIKASI INTERNASIONAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini