PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA LOG PERIODIC X-BAND UNTUK RADAR PENGAWAS PANTAI

ANDRE ULIL ABSHOR ICHSANUDDIN

Informasi Dasar

22.04.2734
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia adalah negara maritim yang dimana sebagian besar kepulauannya dikelilingi oleh lautan. Oleh karena itu diperlukan suatu teknologi untuk mengamankan lautan dan pantai kepulauan Indonesia dari ilegal. Radar merupakan suatu teknologi yang dapat berfungsi sebagai mata yang dapat melihat objek pada jarak kejauhan. Radar pengawas pantai merupakan sistem yang dapat memantau dan mendeteksi berbagai aktivitas dilaut.

Suatu komponen yang dibutuhkan untuk radar pengawas pantai ini yaitu antena yang memiliki bandwidth yang relatif lebar, maka dibutuhkan sebuah antena untuk menunjang teknologi radar ini yaitu antena log periodic. Tugas Akhir ini telah merancang antenna log peridik pada rentang frekuensi 9,15-9,65 GHz untuk digunakan pada system radar pengawas pantai. Antena pada penelitian ini dirancang dengan disain yang sederhana. Antena memiliki 16 elemen dengan.

Tugas Akhir ini di simulasi menggunakan software, dan difabrikasi dengan menggunakan bahan substrat FR-4 Epoxy yang memiliki konstanta 4,3 dan ketebalan 1,6 mm. Hasil simulasi antena pada frekuensi 9,4 GHz dengan nilai return lossnya 21,18 dB dengan lebar bandwidth yaitu 500 MHz dengan dengan bentuk pola radiasi bidirectional.  Kemudian hasil realisasi dan pengukuran antenna pada frekuensi 9,4 GHz nilai return loss sudah dibawah 10dB yaitu 17,4 dB dengan bandwidtnya 640 MHz dengan bentuk polarisasi bidirectional.

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
RADAR,

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA LOG PERIODIC X-BAND UNTUK RADAR PENGAWAS PANTAI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDRE ULIL ABSHOR ICHSANUDDIN
Perorangan
Heroe Wijanto, Dharu Arseno
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini