Perancangan dan Realisasi Antena Planar Bowtie untuk Aplikasi GPR

ANNISA SAFIRA RACHMAN

Informasi Dasar

22.04.2746
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference


GPR merupakan sistem yang sangat berguna untuk proses pendeteksian benda-benda yang berada atau terkubur di dalam tanah dengan kedalaman tertentu tanpa harus menggali tanah. Komponen penting pada Aplikasi GPR adalah antena, terdiri dari antena pemancar dan penerima.

Penilitian ini telah dirancang sebuah Antena Planar Bowtie. Perancangan antena ini menggunakan media substrat FR-4 Epoxy yang memiliki konstanta dielektrik (?r) 4.4, ketebalan substrate (h) 3.2 mm dan dielektrik loss tangent (tan?) 0.025. Rancangan dan realisasi ini dibentuk dalam dimensi substrat 20 x 20 cm² dengan struktur lapis bawah substrat serta penambahan slot pada groundplane. Untuk teknik pencatuan menggunakan mikrostrip feedline dengan impedansi 50 ?. Aplikasi GPR model 51600s yang menggunakan frekuensi 1.6 GHz sebagai standar penggunaan frekuensi pada GPR.

Dari hasil  yang didapat pada simulasi di frekuensi 1.6 GHz yaitu return loss sebesar -16.29 dB dengan range frekuensi 1.523-1.636 GHz, kemudian untuk lebar bandwith yang dicapai keseluruhan sebesar 113.9 MHz yang terukur pada VSWR 1.36. Pada hasil pengukuran yaitu return loss sebesar -12,123 dB dengan range frekuensi 1.5-1.58 GHz, kemudian untuk lebar bandwith yang dicapai keseluruhan sebesar 80 MHz yang terukur pada VSWR 1.658 dB. Hasil simulasi dan pengukuran telah didapat dan diamati bahwa perubahan-perubahan yang terjadi pada saat pengukuran karena adanya keterbatasan kabel, alat maupun realisasi antena.

Kata Kunci: Antena Planar Bowtie, GPR, Bandwith.

Subjek

PLANAR ANTENNA
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Antena Planar Bowtie untuk Aplikasi GPR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA SAFIRA RACHMAN
Perorangan
Levy Olivia Nur, Harfan Hian Ryanu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini