PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA TURNSTILE UNTUK AUTOMATIC IDENTIFICATION SYSTEM (AIS) PADA CUBESAT

IRVAN HUSNI SAUGI

Informasi Dasar

22.04.2747
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berdasarkan standarisasi CubeSat Satelit nano adalah sebuah tipe satelit dengan massa 1 kg sampai dengan 10 kg. Perkembangan riset dan teknologi menggunakan satelit nano sebagai bagian dalam misi penerima sinyal informasi Automatic Identification System (AIS) demi perluasan jangkauan sinyal penerima. Dibutuhkan antena sederhana dan murah dalam penggunaan sinyal AIS pada frekuensi VHF dengan polarisasi melingkar untuk memenuhi aplikasi luar angkasa.

Antena berjenis turnstile memiliki desain yang sesuai untuk diaplikasikan pada CubeSat sebagai antena yang dapat bekerja pada frekuensi VHF, penghasil polarisasi melingkar dan memiliki bandwidth yang lebar.  Penggunaan mekanisme sistem deploy juga dipasangkan karena dimensi antena yang cukup panjang melebihi struktur satelit yang kecil, dengan menggunakan komponen transistor MOSFET N-Channel, kawat nichrome, tali nilon dan komponen pendukung lainnya. Mekanisme dilakukan untuk meregangkan antena pada waktu yang ditentukan setelah remove before flight (RBF) dengan cara memberi perintah pada microcontroller untuk memutuskan tali pengikat menggunakan kawat selama 6 detik.

Didapatkan hasil pada tugas akhir ini sebuah antena turnstile penerima sinyal AIS pada frekuensi tengah 159,4 MHz dengan rentang frekuensi 139,49 MHz – 166,23 MHz, pola radiasi omnidirectional, polarisasi melingkar, dan gain sebesar 3,52 dBi dengan mekanisme deploy.

 

Kata Kunci: Satelit Nano, Automatic Identification System, deployable antena, antena Turnstile.

Subjek

Satellite - communication
ANTENNAS,

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA TURNSTILE UNTUK AUTOMATIC IDENTIFICATION SYSTEM (AIS) PADA CUBESAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRVAN HUSNI SAUGI
Perorangan
Heroe Wijanto, Edwar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TT3223 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • TT4103 - SISTEM KOMUNIKASI SATELIT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini