SIMULASI KLASIFIKASI PAKET DATA PADA JARINGAN NAMED-DATA (NDN) MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING

DZULFIQAR ZAKIYYA ZAMALUDDIN

Informasi Dasar

22.04.2755
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin berkembangnya zaman, semakin pula berkembangnya teknologi. Sama halnya dengan Internet, salah satunya pada industri telekomunikasi seperti gagasan dari arsitektur jaringan NDN yang dapat mencermikan arsitektur internet hari ini yaitu hourglass IP menjadi hourglass NDN. Arsitektur NDN memiliki inovasi pada sistem jaringan untuk masa depan, terutama dalam hal forwarding, routing, dan caching suatu paket internet. Masalah yang dialami oleh user hari ini, mayoritas masalah terakumulasi pada lamanya sebuah data terakses dikarenakan sifat data yang terlalu terpusat pada satu titik, oleh karena itu NDN hadir untuk memecahkan masalah tersebut.

Dalam simulasi yang akan dijalankan pada Tugas Akhir ini terkait dengan simulasi NDN untuk menganalisis laju lintas data serta mendapatkan dataset dari laju lintas data yang terekam oleh Wireshark, dilanjutkan dengan clustering paket data NDN, dan diakhiri klasifikasi dari paket data NDN. Tujuan pengujian pada Tugas Akhir ini yaitu agar user lebih mengetahui kinerja NDN secara mendasar dalam melakukan sebuah transaksi dari paket data maupun interest, serta untuk Machine Learning pun memiliki peran penting bagi teknisi jaringan dalam menentukan pengembangan selanjutnya dari sistem NDN untuk lebih memaksimalkan jalur perutean dan penerusan paket agar lebih nyaman bagi user.

Hasil dari simulasi NDN untuk menganalisis laju lintas data menghasilkan hasil yang memuaskan terutama pada sisi forwarding dan routing, serta data yang terekam sukses terlabeli oleh protokol “UDP (NDN)”. Untuk proses clustering paket NDN pun dapat dikatakan sukses dengan menghasilkan 8 kluster yang dimana kluster ini sangat mewakili identitas dari tiap data sebagai label bagi data itu sendiri, serta pada proses klasifikasi pun menghasilkan nilai akurasi yang optimal yaitu 0.97 dengan menggunakan nilai data uji dan latih sebesar 50/50. Dapat disimpulakan dari semua pengujian yang telah dijalankan menghasilkan hasil yang memuaskan baik dari sisi NDN maupun Machine Learning.

Kata Kunci : Named-Data Networking, Machine Learning, Clustering Paket NDN, Klasifikasi Paket NDN.

Subjek

NETWORK ARCHITECTURE
 

Katalog

SIMULASI KLASIFIKASI PAKET DATA PADA JARINGAN NAMED-DATA (NDN) MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DZULFIQAR ZAKIYYA ZAMALUDDIN
Perorangan
Rendy Munadi, Sri Astuti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4G3 - ADAPTIVE NETWORK
  • TTI4B3 - NEW GENERATION NETWORK
  • TTI2F2 - PEMROGRAMAN PYTHON

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini