KLASIFIKASI TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN SUPERVISED MACHINE LEARNING PADA CITRA SATELIT MENGGUNAKAN GOOGLE EARTH ENGINE

DHOVA AFASEL

Informasi Dasar

22.04.2758
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mulai dari bertahun-tahun seiring dengan aktivitas alam dan perilaku manusia, menjadi beberapa penyebab dari bentuk permukaan tanah yang terus menerus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Aktivitas alam yang dapat menyebabkan perubahan permukaan tanah contohnya gempa bumi, tanah longsor, banjir, dan bencana alam lainnya. Dan Perilaku manusia yang dapat memengaruhi seperti contohnya bertambahnya populasi manusia yang setiap tahun semakin bertambah dan pembangunan fasilitas umum, pembangunan pemukiman, pembangunan pusat bisnis dan aktivitas lainnya. Aktivitas alam maupun perilaku manusia mengakibatkan tekanan yang besar bagi ekosistem. Dan dari aktivitas maupun perilaku tersebut akan mengakibatkan berkurangnya lahan hijau sehingga menjadi tidak terkontrol. Perencanaan dan pemantauan penggunaan lahan masih menjadi masalah dibanyak negara berkembang salah satunya seperti Indonesia.

Sistem yang dirancang adalah dengan metode supervised machine learning dengan metode klasifikasi Minimum Distance, CART, dan Gradient Boost pada daerah Kec. Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Penelitian ini melakukan perhitungan uji akurasi pada tutupan lahan yang diambil dari citra satelit Sentinel 2, dengan menggunakan parameter perhitungan user accuracy, consumer accuracy, overall accuracy dan kappa statistic. Klasifikasi  tutupan lahan yang diterapkan pada penelitian ini terdiri dari empat kelas yaitu badan air, lahan terbangun, lahan terbuka, dan vegetasi.

Pada hasil pengujian didapatkan pada dari tanggal 1 Januari 2020 sampai 12 Desember 2020 menunjukkan hasil overall accuracy pada algoritma minimum distance yaitu 96.66%, pada algoritma CART yaitu 91.66%, dan pada algoritma gradient boost 90%. Algoritma minimum distance adalah algoritma terbaik dibandingkan metode lainnya untuk klasifikasi tutupan lahan, dengan tingkat overall accuracy tertinggi.

 

Kata kunci : tutupan lahan, supervised learning, minimum distance, CART, gradient boost.

Subjek

MACHINE LEARNINF APPROACHES FOR 5G
SATELLITE COMMUNICATION,

Katalog

KLASIFIKASI TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN SUPERVISED MACHINE LEARNING PADA CITRA SATELIT MENGGUNAKAN GOOGLE EARTH ENGINE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHOVA AFASEL
Perorangan
Rita Purnamasari, Edwar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini