KLASIFIKASI CITRA KANKER SERVIKS MENGGUNAKAN DEEP RESIDUAL NETWORK

REVYDO BIMA ANSHORI

Informasi Dasar

22.04.2759
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 

            Penyakit kanker serviks merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang menyerang kaum wanita. Penyakit kanker serviks menempati posisi ke dua dengan angka kematian tinggi kaum wanita setiap tahunnya menurut WHO. Penyebab penyakit ini karena adanya Human Papilloma Virus (HPV) yang menyerang langsung ke serviks, selain itu juga pola hidup yang kurang sehat dapat mempengaruhi terserangnya penyakit ini. Deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan dengan menggunakan beberpa metode salah satunya pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Dengan melakukan pemeriksaan IVA dapat diketahui pasien terinfeksi virus HPV atau tidak.Pemeriksaan IVA dapat dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan. Hasil dari pemeriksaan IVA dapat dilihat kasat mata tetapi ahli medis memiliki perbedaan diagnosis dikarenakan penglihatan sendiri. Oleh karena itu untuk membantu ahli medis mendapatkan diagnosis yang sesuai maka pemeriksaan dapat dilakukan dengan pendekatan teknologi. Teknologi yang akan digunakan adalah citra digital. Pengambilan gambar hasil pemeriksaan IVA menggunakan kamera android ahli medis dalam format gambar .jpg.

Pada penelitian ini dilakukan klasifikasi citra kanker serviks dari hasil pemeriksaan IVA yang telah dilakukan oleh Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung dengan banyak data IVA Negatif 255 dan IVA Positif 65. Untuk pengolahan citra hasil dari pemeriksaan IVA akan menggunakan citra hasil CLAHE dan citra hasil Canny Edge Detection. Untuk pengklasifikasian akan menggunakan deep learning dengan arsitektur ResNet-50 dan ResNet-101 serta melakukan pengujian terhadap hyperparameter yaitu optimizer, learning rate, batch size, dan input size. Pada penelitian ini hasil terbaik mengunakan citra hasil Canny Edge Detection dengan hyperparameter menggunakan optimizer SGD, learning rate 0.1, batch size 32, dan input size 224×224. Dari hyperparameter tersebut hasil akursi yang dicapai sebesai 98,26 %.

 

Kata kunci : Kanker Servkis, Pengolahan citra digital, Pemeriksaan IVA, Canny Edge Detection, ResNet.

Subjek

IMAGE PROCEESING
Machine Learning, NEURAL NETWORKS,

Katalog

KLASIFIKASI CITRA KANKER SERVIKS MENGGUNAKAN DEEP RESIDUAL NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REVYDO BIMA ANSHORI
Perorangan
Hilman Fauzi, Thomhert Suprapto Siadari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TT3113 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini