PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMETAAN LOKASI DALAM RUANGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BLE BERBASISKAN WEB DISCOVER-U DENGAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES)

CHERIL ERLITA ZULIARTY

Informasi Dasar

22.04.2781
005.82
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi indoor positioning atau indoor location atau pelacakan dalam ruangan adalah teknologi yang memanfaatkan wireless sensor network. Teknologi ini digunakan untuk mendeteksi lokasi di dalam ruangan dan dianggap lebih akurat dibandingkan menggunakan teknologi GPS.

Dalam Tugas Akhir ini, akan membuat desain dan implementasi indoor positioning atau indoor location berbentuk web aplikasi yang bernama “Discover-U”. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk memeriksa posisi pengguna alat smart stick yang dihubungkan dengan NodeMCU ESP32 dengan menggunakan teknologi bluetooth low energy (BLE) secara tidak real time. Data pengguna akan dikirimkan ke Firebase yang berasal dari MQTT dan disimpan dalam Local Computer. Pembuatan web aplikasi dibuat menggunakan algoritma enkripsi kunci simetris AES 192 yang merupakan blok data 192 bit.

Hasil pengukuran Quality of Service dari Server MQTT ke Local Computer memiliki delay rata-rata 673 ms, throughput 968,1 bps, dan packet loss 0%. Untuk hasil pengujian performansi algoritma AES 192-bit memiliki rata-rata waktu enkripsi sebesar 2 s dan tanpa enkripsi yaitu 0 s.

Kata Kunci: web aplikasi, Internet of Things, Bluetooth Low Energy, AES, Firebase, Indoor location, MQTT

Subjek

WEB APPLICATION
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMETAAN LOKASI DALAM RUANGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI BLE BERBASISKAN WEB DISCOVER-U DENGAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHERIL ERLITA ZULIARTY
Perorangan
Sussi, Favian Dewanta
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini