ANALISIS PERFORMANSI DAN OPTIMASI JARINGAN LTE UNTUK LAYANAN STREAMING VIDEO DI DAGO – CIUMBULEUIT, BANDUNG

FRIENDY DHIMAS PANTODJA

Informasi Dasar

22.04.2784
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bandung merupakan kota yang dikelilingi oleh dataran tinggi sekaligus ibukota dari provinsi Jawa Barat. Salah satu daerah di Bandung yang sering dikunjungi adalah daerah Dago dan Ciumbuleuit yang terletak di wilayah Bandung bagian utara.  Namun, kedua daerah tersebut memiliki performansi jaringan LTE yang kurang baik. Terlebih saat hari libur yang cenderung lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan dan akan menggunakan ponsel yang telah terintegrasi dengan teknologi Long Term Evolution (LTE).

Pada hari selasa, 23 November 2021 pukul 15.00 – 16.25 WIB telah dilakukan pengambilan data dengan metode Drive Test menggunakan aplikasi Tems Pocket untuk dapat mengetahui nilai performansi parameter LTE, yaitu Reference Signal Received Power (RSRP), Signal to Interference Noise Ratio (SINR), dan Throughput. Hasil pengujian Drive Test saat diakses menggunakan Actix Analyzer Menunjukkan bahwa terdapat 5 area Bad Spot yang terdeteksi dengan nilai rata – rata parameter RSRP sebesar -112,51 dBm, parameter SINR sebesar -5,98 dB, dan parameter Throughput sebesar 0,52 Kbps. Nilai rata – rata dari seluruh parameter tersebut belum dapat memenuhi standar parameter KPI operator, yaitu untuk RSRP > -100 dBm, SINR > 0 dan Throughput > 2500 Kbps.

Untuk menanggulangi area Bad Spot maka diterapkan metode physical tunning yang terdiri dari azimuth tilting dan mechanical tilting serta metode power configuration yaitu mengatur daya pancar pada transmitter. Namun 4 dari 5 Bad Spot memerlukan adanya usulan penambahan site karena kedua metode sebelumnya belum dapat mengatasi permasalahan yang terjadi. Setelah perbaikan dilakukan pada seluruh area Bad Spot dengan menggunakan software Atoll, terdapat peningkatan nilai rata – rata pada setiap parameter. Nilai rata – rata untuk parameter RSRP sebesar -97,146 dBm, nilai rata – rata untuk parameter SINR sebesar 14,334 dB, dan nilai rata – rata untuk parameter Throughput sebesar 47.324,887 Kbps atau 47,32 Mbps. Seluruh nilai rata – rata yang didapatkan setelah proses perbaikan telah memenuhi standar parameter KPI operator.

Kata Kunci: LTE, Drive Test, Bad spot, RSRP, SINR, Throughput

Subjek

CELLULAR TECHNOLOGY
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI DAN OPTIMASI JARINGAN LTE UNTUK LAYANAN STREAMING VIDEO DI DAGO – CIUMBULEUIT, BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRIENDY DHIMAS PANTODJA
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4A3 - KOMUNIKASI AKSES WIRELESS
  • TE4103 - SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK
  • TTG4A3 - SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini