REPRESENTATION OF DISABILITY LIFE IN A PATRIARCHAL SOCIETY ON ANIME FILM JOSEE THE TIGER AND THE FISH (Using Roland Barthes Semiotic Method)

GEORHIZKY ALFRIZIO BAHARI SUTOMO

Informasi Dasar

22.04.2786
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Josee the Tiger and the Fish menjadi salah satu Film anime bergenre romance yang diproduksi di tahun 2020. Film anime mengambil fokus terhadap hubungan boss dan servant yang ditunjukkan pada karakter bernama Josee dan Tsuneo. Josee adalah seorang wanita berkursi roda dan memiliki perawakan Tsundere, hal ini berbeda dengan berbeda dengan perawakan wanita berkebutuhan khusus pada anime lain yang digambarkan baik dan lembut. Dalam penelitian terhadap film ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang mengandung unsur denotasi, konotasi dan mitos. Tujuan menggunakan pendekatan tersebut adalah untuk menemukan representasi kehidupan difabel dalam dunia patriarki dalam film anime Josee the Tiger and the Fish dalam konteks denotasi, konotasi dan mitos. Sebagai media hiburan, Film anime Josee the Tiger and the Fish berhasil merepresentasikan kehidupan difabel dalam dunia patriarki yang digambarkan pada hubungan Boss dan Servant yang dijalin oleh Josee dan Tsuneo. Penulis penelitian ini menggunakan aspek Komunikasi Verbal dan Komunikasi Non-Verbal sebagai unit analisis dalam penelitian ini karena memiliki makna kehidupan difabel di lingkungan patriarki di dalamnya.

 

Kata Kunci: Semiotika, Difabel, Patriarki, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non-Verbal

Subjek

SEMIOTICS
FILM,

Katalog

REPRESENTATION OF DISABILITY LIFE IN A PATRIARCHAL SOCIETY ON ANIME FILM JOSEE THE TIGER AND THE FISH (Using Roland Barthes Semiotic Method)
 
 
Inggris

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GEORHIZKY ALFRIZIO BAHARI SUTOMO
Perorangan
Andrio Kusmareza Adim
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi (International Class)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • COH3A3 - COMMUNICATION RESEARCH METHOD 2
  • COH1E2 - CREATIVE THINKING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini