PERANCANGAN JARINGAN BACKHAUL 4G LTE SEBAGAI LASTMILE PADA KECAMATAN ALUH - ALUH

JOSEPH BAGAS PRAKOSA

Informasi Dasar

22.04.2787
621.382 75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada provinsi Kalimantan Selatan terutama di Kecamatan Aluh – Aluh tidak memiliki infrastruktur jaringan 4G LTE yang memadai. Proyek pembangunan infrastruktur jaringan palapa ring telah selesai tetapi jaringan internet masih belum bisa dinikmati di daerah pelosok sepenuhnya sehingga dibutuhkan jaringan backhaul sebagai media penghubung antara base transceiver station dengan base station controller-nya.

Pada tugas akhir ini, melakukan perancangan dengan menentukan wilayah yang akan dilakukan perancangan jaringan backhaul sebagai lastmile 4G LTE berdasarkan letak geografis dan memperhitungkan traffic user serta memastikan bahwa layanan/signal dapat tersebar pada seluruh daerah yang ditinaju untuk menentukan perancangan link backhaul dengan menggunakan media fiber optik . Perancangan jaringan menggunakan parameter capacity planning maupun coverage planning untuk menentukan jumlah site serta untuk menentukan konfigurasi sistem jaringan eNodeB yang dirancang di Kecamatan Aluh – Aluh.

Hasil simulasi pada link backhaul dengan menggunakan STM-4 daya transmitter sebesar -3 dBm mendapatkan nilai Bit Error Rate sebesar 2,123 x 10-11  . Pada link akses dengan menggunakan GPON dengan power transmitter sebesar 2 dBm pada sisi upstream untuk nilai terbaik medapatkan nilai Bit Error Rate sebesar 6,310 x 10-30. Sedangkan untuk nilai terburuk pada sisi upstream mendapatkan nilai Bit Error Rate sebesar 6,105 x 10-10 . Sedangkan pada sisi downstream untuk nilai terbaik mendapatkan nilai Bit Error Rate sebesar 5,060 x 10-48. Sedangkan untuk nilai terburuk pada sisi downstream mendapatkan nilai Bit Error Rate sebesar 9,809 x 10-23 .

 

Kata Kunci : 4G LTE, Backhaul, Capacity Planning, Coverage Planning, eNodeB, Fiber Optik, GPON, STM-4.

Subjek

Fiber optic communications
 

Katalog

PERANCANGAN JARINGAN BACKHAUL 4G LTE SEBAGAI LASTMILE PADA KECAMATAN ALUH - ALUH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JOSEPH BAGAS PRAKOSA
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, MUHAMMAD IRFAN MAULANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4U3 - BROADBAND OPTICAL NETWORK
  • TTI4A3 - KOMUNIKASI AKSES WIRELESS
  • TTH3H3 - SISTEM KOMUNIKASI OPTIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini