ANALISIS PERBANDINGAN THROUGHPUT OPEN RAN 4G LTE ARAH DOWNLINK SECARA REAL DAN BERDASARKAN 3GPP

DITA FITRI MELENIA

Informasi Dasar

22.04.2802
384.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi seluler terus mengalami perkembangan untuk memenuhi permintaan data seluler sesuai kebutuhan pengguna dan mobile wireless network akan terus tumbuh dengan kecepatan tinggi. Namun, jaringan 4G LTE tidak dapat terlepas dari berbagai masalah, salah satunya adalah tingginya kepadatan trafik dalam suatu jaringan yang menyebabkan kecepatan saat proses transfer data menurun. Teknologi Open RAN menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi dengan melakukan pengujian perbandingan throughput Open RAN.

Pada Tugas Akhir ini, dilakukan perbandingan throughput Open RAN real ha- sil simulasi dan berdasarkan 3GPP pada jaringan 4G LTE di frekuensi 900 MHz pada sisi downlink. Parameter kualitas jaringan diukur dengan RSRP, SINR, dan throughput. Parameter yang ingin di analisis pada penelitian ini adalah throughput. eNodeB yang digunakan adalah Parallel Wireless yang berada di lab Telecom Infra Project (TIP) Telkom University. Dimana drive test dilakukan oleh pihak lab TIP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan pengiriman data Open RAN yang diterima oleh UE.

Berdasarkan hasil simulasi yang telah dilakukan, nilai rata-rata parameter RSRP sebesar -80,157 dBm, nilai rata-rata SINR sebesar 8,5 dB, dan throughput sebe- sar 45,64 Mbps. Kemudian hasil perhitungan throughput Open RAN berdasarkan 3GPP sebesar 50,35 Mbps, dengan perbedaan sebesar 4,71 dari hasil simulasi. Dari hasil perbandingan throughput Open RAN yang dilakukan menunjukkan bahwa perangkat Open RAN dapat merujuk sesuai standar 3GPP.

 

Kata Kunci : LTE, RAN, Open RAN, throughput, 3GPP, downlink.

Subjek

CELLULAR TECHNOLOGY
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN THROUGHPUT OPEN RAN 4G LTE ARAH DOWNLINK SECARA REAL DAN BERDASARKAN 3GPP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DITA FITRI MELENIA
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Gandeva Bayu Satrya
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini