Di era teknologi saat ini, tidak heran bila perkembangan terjadi secara cepat dan sangat pesat terutama di kalangan masyarakat, menyebabkan meningkatnya penggunaan media elektronik. Salah satunya adalah penggunaan smartphone atau ponsel pintar. Meningkatnya penggunaan perangkat elektronik membuat beberapa pengusaha muda melihat peluang yang baik untuk bersaing dalam menciptakan startup. ServEasy merupakan salah satu startup yang mulai bersaing di dunia bisnis teknologi. Tentunya untuk mewujudkan aplikasi mobile ServEasy diperlukan desain tampilan dan mempertimbangkan tingkat kenyamanan konsumen dari segi tampilan (UI) dan pengalaman (UX). Dimana UI dan UX cukup menjadi sebuah sentral pada desain dan pengembangan aplikasi seluler. Perancangan akan dilakukan dengan cara pendekatan menggunakan Kansei Engineering untuk membantu mengembangkan rancangan aplikasi yang cocok dan sesuai dengan keinginan responden. Kansei Engineering juga dikenal dengan teknologi untuk menerjemahkan emosi konsumen ke dalam bentuk desain. Pendekatan ini dimulai dengan mengumpulkan data konsumen tentang saran atau fitur apa yang harus disertakan dalam sebuah aplikasi ServEasy. Hasil akhir dari penelitian ini adalah perancangan antarmuka pengguna untuk aplikasi ServEasy. Setiap fungsi atau menu memiliki desain dengan karakter antarmuka yang berbeda-beda yang dirancang berdasarkan prinsip interaksi Human Computer Interaction untuk Interface. Hasil akhir akan didapatkan melalui metode usabilitas kuisioner berdasarkan skala usability sistem.
Kata Kunci : Startup, Kansei engineering, ServEasy, UI/UX, Usabilitas
Di era teknologi saat ini, tidak heran bila perkembangan terjadi secara cepat dan sangat pesat terutama di kalangan masyarakat, menyebabkan meningkatnya penggunaan media elektronik. Salah satunya adalah penggunaan smartphone atau ponsel pintar. Meningkatnya penggunaan perangkat elektronik membuat beberapa pengusaha muda melihat peluang yang baik untuk bersaing dalam menciptakan startup. ServEasy merupakan salah satu startup yang mulai bersaing di dunia bisnis teknologi. Tentunya untuk mewujudkan aplikasi mobile ServEasy diperlukan desain tampilan dan mempertimbangkan tingkat kenyamanan konsumen dari segi tampilan (UI) dan pengalaman (UX). Dimana UI dan UX cukup menjadi sebuah sentral pada desain dan pengembangan aplikasi seluler. Perancangan akan dilakukan dengan cara pendekatan menggunakan Kansei Engineering untuk membantu mengembangkan rancangan aplikasi yang cocok dan sesuai dengan keinginan responden. Kansei Engineering juga dikenal dengan teknologi untuk menerjemahkan emosi konsumen ke dalam bentuk desain. Pendekatan ini dimulai dengan mengumpulkan data konsumen tentang saran atau fitur apa yang harus disertakan dalam sebuah aplikasi ServEasy. Hasil akhir dari penelitian ini adalah perancangan antarmuka pengguna untuk aplikasi ServEasy. Setiap fungsi atau menu memiliki desain dengan karakter antarmuka yang berbeda-beda yang dirancang berdasarkan prinsip interaksi Human Computer Interaction untuk Interface. Hasil akhir akan didapatkan melalui metode usabilitas kuisioner berdasarkan skala usability sistem.
Kata Kunci : Startup, Kansei engineering, ServEasy, UI/UX, Usabilitas