Raul Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Kota Bandung didirikan pada tahun 2018, yang berlokasikan di Jalan Asmarandana no. 6 Kota Bandung. Permasalahan yang terjadi di Raul Coffee terdapat pada penurunan pendapatan, oleh karena itu dilakukan evaluasi model bisnis pada Raul Coffee dengan menggunakan pendekatan business model canvas yang didalamnya terdapat sembilan blok yaitu customer segment, customer relationship, channels, value proposition, key activities, key resources, key partnership, revenue streams, dan cost structure.
Tahap pertama yang dilakukan adalah wawancara dengan owner dari Raul Coffee untuk mendapatkan model bisnis canvas eksisting, yang dimana terdapat permasalahan pada blok channels, key activities, key partnership, dan value proposition. Tahap kedua melakukan wawancara kepada konsumen dari Raul Coffee sebanyak 15 orang untuk mendapatkan customer profile yang terdiri dari customer jobs, customer pains, dan customer gains Raul Coffee, tahap ketiga yaitu menganalisis lingkungan bisnis yang terdiri dari key trends, market forces, industry forces, dan macroeconomic forces dengan menggunakan data dari studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis peluang dan ancaman yang dimiliki Raul Coffee. Setelah mendapatkan data tersebut tahap keempat akan dilakukan analisis SWOT (Strength, Weakeness, Opportunities, Threats) dari Raul Coffee dengan menyebarkan kuisioner SWOT (Strength, Weakeness, Opportunities, Threats) kepada pihak internal untuk merancang strategi dari setiap blok yang sesuai dengan keadaan dari Raul Coffee, kemudian tahap kelima membuat value proposition canvas yang terdiri dari product and service, gain creators, dan pain relievers dengan mencocokan antara value map dengan customer profile pada Raul Coffee. Setelah mendapatkan data-data diatas melakukan perancangan model bisnis usulan pada Raul Coffee.
Hasil dari perancangan model bisnis usulan pada Raul Coffee terdapat penambahan pada blok customer relationship diciptakan menu bundling, blok key partnership diusulkan menambah supplier gelas plastik, blok value proposition diciptakan menu minuman baru, menjadikan dapat membawa makanan dari luar dan tagline : coffee and friends are the perfect blend sebagai value proposition, blok channels menambahkan shopee food, tiktok dan kolaborasi dengan brand makanan, dan pada cost structure terdapat penambahan biaya yaitu untuk instagram dan tiktok ads, biaya pembuatan menu baru dan biaya kolaborasi.
Manfaat dari perancangan usulan model bisnis ini dilakukan untuk membantu bagi Raul Coffee sebagai strategi model bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis, meningkatkan awareness masyarakat agar mengetahui Raul Coffee dan meningkatkan pendapatan pada Raul Coffee.
Kata Kunci: Raul Coffee, Business Model Canvas, Customer Profile, Analisis Lingkungan Bisnis, SWOT