PERANCANGAN USULAN MODEL BISNIS PADA RAUL COFFEE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

MUHAMMAD ILHAM PRATAMA

Informasi Dasar

22.04.2828
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Raul Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Kota Bandung didirikan pada tahun 2018, yang berlokasikan di Jalan Asmarandana no. 6 Kota Bandung. Permasalahan yang terjadi di Raul Coffee terdapat pada penurunan pendapatan, oleh karena itu dilakukan evaluasi model bisnis pada Raul Coffee dengan menggunakan pendekatan business model canvas yang didalamnya terdapat sembilan blok yaitu customer segment, customer relationship, channels, value proposition, key activities, key resources, key partnership, revenue streams, dan cost structure.

Tahap pertama yang dilakukan adalah wawancara dengan owner dari Raul Coffee untuk mendapatkan model bisnis canvas eksisting, yang dimana terdapat permasalahan pada blok channels, key activities, key partnership, dan value proposition. Tahap kedua melakukan wawancara kepada konsumen dari Raul Coffee sebanyak 15 orang untuk mendapatkan customer profile yang terdiri dari customer jobs, customer pains, dan customer gains Raul Coffee, tahap ketiga yaitu menganalisis lingkungan bisnis yang terdiri dari key trends, market forces, industry forces, dan macroeconomic forces dengan menggunakan data dari studi literatur  yang bertujuan untuk menganalisis peluang dan ancaman yang dimiliki Raul Coffee. Setelah mendapatkan data tersebut tahap keempat akan dilakukan analisis SWOT (Strength, Weakeness, Opportunities, Threats) dari Raul  Coffee dengan menyebarkan kuisioner SWOT (Strength, Weakeness, Opportunities, Threats)  kepada pihak internal untuk merancang strategi dari setiap blok yang sesuai dengan  keadaan dari Raul Coffee, kemudian tahap kelima membuat value proposition canvas yang terdiri dari product and service, gain creators, dan pain relievers dengan  mencocokan antara value map  dengan customer profile pada Raul Coffee. Setelah mendapatkan data-data diatas melakukan perancangan model bisnis usulan pada Raul Coffee.

Hasil dari perancangan model bisnis usulan pada Raul Coffee  terdapat penambahan pada blok customer relationship  diciptakan menu bundling, blok key partnership diusulkan menambah supplier gelas  plastik, blok value proposition diciptakan menu minuman baru, menjadikan dapat membawa makanan dari luar dan tagline : coffee and friends are the perfect blend sebagai value proposition, blok channels menambahkan shopee food, tiktok dan kolaborasi dengan brand makanan, dan pada cost structure terdapat penambahan biaya yaitu untuk instagram dan tiktok ads, biaya pembuatan menu baru dan biaya kolaborasi.

Manfaat dari perancangan usulan model bisnis ini dilakukan untuk membantu bagi Raul Coffee sebagai strategi model bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis, meningkatkan awareness masyarakat agar mengetahui Raul Coffee dan meningkatkan pendapatan pada Raul Coffee.

 

Kata Kunci: Raul Coffee, Business Model Canvas, Customer Profile, Analisis Lingkungan Bisnis, SWOT

 

Subjek

BUSINESS RESEARCH
BUSINESS PLANNING,

Katalog

PERANCANGAN USULAN MODEL BISNIS PADA RAUL COFFEE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ILHAM PRATAMA
Perorangan
Sinta Aryani, Yudha Prambudia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini