DESAIN MODEL BISNIS GUNA PENGEMBANGAN BISNIS PADA BRUSH AND PALETTE COFFEE

MOHAMMAD FARREL EDGARDA

Informasi Dasar

22.04.2830
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM saat ini memiliki peran yang cukup penting bagi perekonomian di Indonesia. Salah satu bidang usaha UMKM yang cukup diminati yaitu kuliner terlebih di Kota Bandung. Semakin banyaknya bisnis yang bergerak di bidang kuliner, semakin ketat juga persaingan yang ada agar tetap dapat bertahan di pasaran. BnP atau Brush and Palette merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang kuliner (coffee shop) di Bandung. Banyaknya usaha pada bidang coffee shop di Kota Bandung memaksa agar Brush and Palette Coffee untuk terus berkembang sehingga dapat tetap bersaing dengan coffee shop lainnya dan bisa mempertahankan kelangsungan usahanya. Maka dari itu diperlukannya pengembangan usaha yang baik dan tepat.

BMC atau Business Model Canvas merupakan suatu model bisnis yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan suatu bisnis atau organisasi dengan memetakan keadaan usahanya. Terdapat sembilan elemen yang digunakan dalam memetakan kondisi usaha dengan menggunakan BMC ini, yaitu value proposition, channel, customer segments, customer relationship, key activities, key resources, key partner, revenue stream, dan cost structure. Sebelum dilakukan perancangan bisnis menggunakan BMC, dilakukan terlebih dahulu analis terhadap Value Proposition Canvas untuk lebih memudahkan dalam pemetaan elemen- elemen yang ada pada BMC dalam penerapan model pengembangan bisnis. Analisis dengan menggunakan SWOT juga dilakukan guna untuk meminimalisir kelemahan, meningkatkan kekuatan, dan melihat peluang serta ancaman dari bisnis coffee shop ini.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan SWOT dan BMC didapatkan bahwa BnP dapat menerapkan strategi model bisnis yang baru dengan mengoptimalkan dalam pemanfaatan dari digital platform. Digital platform yang dapat digunakan yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan sosial media, penjualan melalui e-commerse, online food delivery, memanfaatkan dengan adanya media promosi melalui KOL (Key Opinion Leader). Selain itu BnP juga harus memiliki Standard Operasional Produk untuk dapat mempertahankan bisnisnya.

Subjek

1 ENTREPRENEURSHIP
ENTREPRENEUR,

Katalog

DESAIN MODEL BISNIS GUNA PENGEMBANGAN BISNIS PADA BRUSH AND PALETTE COFFEE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD FARREL EDGARDA
Perorangan
Budi Praptono, Rosad MEH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini