RANCANG BANGUN APLIKASI DETEKSI DINI KANKER OVARIUM BERBASIS ANDROID DENGAN EXPERT SYSTEM

MUHAMMAD ZUHAIRI

Informasi Dasar

22.04.2837
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kanker ovarium adalah tumor yang timbul pada rahim dan dapat berakibat fatal apabila tidak ditangani sedini mungkin. Kanker ovarium sulit terdeteksi pada stadium awal karena tidak menimbulkan gejala spesifik dan umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut. Pada stadium lanjut kanker tersebut akan lebih sulit untuk ditangani dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal.
Berdasarkan permasalahan tersebut dibuatlah penelitian dengan membuat aplikasi android untuk mendeteksi kanker ovarium sedini mungkin dengan metode sistem pakar. Diperoleh data kuesioner pasien kanker dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang akan menjadi acuan dalam pembuatan aplikasi. Penulis membandingkan keakuratan prediksi data menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor, Support Vector Machine, dan Random Forest. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan aplikasi serta dilakukan analisis Quality of Services menggunakan Apache JMeter.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma K-Nearest Neighbor menggunakan nilai K=7 mendapatkan nilai akurasi sebesar 92.3%. Maka dari itu, dipilihlah algoritma K-Nearest Neighbor untuk diimplementasikan ke dalam aplikasi deteksi kanker ovarium. Dengan memasukkan algoritma K-Nearest Neighbor ke dalam aplikasi, didapatkan hasil akurasi pada aplikasi sebesar 80,23%. Lalu analisis Qualitiy of Service menghasilkan throughput terbaik sebesar 2.89 kbps, dan latency terbaik sebesar 13s, masing-masing dengan beban 100 user dan mampu menangani permintaan dari 100 dan 150 user tanpa error.

Kata Kunci: Kanker Ovarium,Sistem Pakar, Android, K-Nearest Neighbor, Support Vector Machine, Random Forest

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

RANCANG BANGUN APLIKASI DETEKSI DINI KANKER OVARIUM BERBASIS ANDROID DENGAN EXPERT SYSTEM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ZUHAIRI
Perorangan
Hilman Fauzi, Favian Dewanta,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI4H3 - CLOUD COMPUTING
  • TTI4L3 - MOBILE APPLICATION
  • TTI2F2 - PEMROGRAMAN PYTHON

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini