PERANCANGAN DAN ANALISIS JARINGAN AKSES POINT OF PRESENCE (POP) LAST MILE BERBASIS E NODE B DI WILAYAH KECAMATAN BELAKANG PADANG BATAM

M IMAN RAHMANDA

Informasi Dasar

22.04.2849
621.382 75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan internet meningkat pesat dikarenakan sebagian besar kegiatan dilakukan secara online, terutama semenjak beberapa tahun terakhir ini pada era pandemik Covid-19. Karena hal tersebut, pemerintah Indonesia mengupayakan program pemerataan jaringan internet, agar seluruh masyarakat dapat menikmati fasilitas internet untuk kebutuhan sehari-hari dengan lancar.

Penelitian dilakukan di wilayah Pulau Belakang Padang, Batam yang terhubung melalui STO (Sentral Telepon Otomat) Bukit Dangas Batam dengan jarak 6.8 Km. Perancangan jaringan menggunakan metode komputasi dan metode simulasi. Perancangan jaringan Last Mile dengan 2 skema pengerjaan, untuk skema pertama menggunakan Radio Over Fiber (RoF) dengan modulator Mach-Zehnder sebagai converter perubah infromasi elektrik menjadi optik. Kemudian skema kedua merancang jaringan akses dengan aplikasi simulasi.

Lokasi Point of Presence (PoP) berada di Pulau Belakang Padang yang menggunakan frekuensi 11 GHz dikirim dari STO Bukit Dangas, sehingga daya pancar RF spectrum sebesar 18,62 dBm dan daya terima RF spectrum -13,84 dBm. Daya Transmitter yang digunakan sebesar -13.84 dBm di pulau Belakang Padang maka nilai BER pada user dapat dilihat pada titik terjauh, yakni ODP Sukana ke SDN 016 Belakang Padang dengan metode perhitungan nilai BER 3,88 x 10-9 dan nilai Q-Factor sebesar 5,77 sedangkan dengan metode simulasi yang didapat nilai BER 6,03 x 10-14  dan Nilai Q-Factor 7,41.

 Kata Kunci: Internet, Last Mile, Point of Presence (PoP), BER, Q-Factor

Subjek

Optical - fiber communication
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS JARINGAN AKSES POINT OF PRESENCE (POP) LAST MILE BERBASIS E NODE B DI WILAYAH KECAMATAN BELAKANG PADANG BATAM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M IMAN RAHMANDA
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, MUHAMMAD IRFAN MAULANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini