PERANCANGAN PROTOKOL KOMUNIKASI SEKITAR PEMUKIMAN

SAIFUDDIN NUR AR RASYID

Informasi Dasar

22.04.2856
384.545 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tingginya tingkat aktifitas masyarakat menjadikan seseorang lebih memilih sesuatu yang praktis. Seseorang yang memiliki mobilitas tinggi akan lebih terbantu apabila ada sebuah sistem yang mampu melakukan otomatisasi sebuah informasi.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah protokol komunikasi untuk masyarakat. Protokol komunikasi ini sebagai sistem yang mengatur komunikasi pada sebuah pemukiman warga. Perancangan protokol komunikasi ini agar penduduk pemukiman dapat saling berhubungan dan menerima informasi maupun pengumuman dengan jelas apa yang di sampaikan oleh ketua pemukiman.

Terdapat tiga pengujian yang dilakukan, yaitu pengujian alpha, pengujian beta, pengujian delay. Pada pengujian alpha atau fungsionalitas, sistem dapat berjalan dengan baik dimana sistem dapat mengkonversi teks menjadi suara hingga melakukan pemutaran. Pengujian beta dilakukan untuk mengetahui seberapa layak sistem ini untuk digunakan dan mendapatkan hasil rata – rata dari 43 responden yakni 72%. Pada pengujian delay dilakukan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan dari awal pemilihan suara hingga suara terputar. Pada play 1 memiliki delay 10,7 detik sedangkan untuk play 10 memiliki delay 19,66 detik. Terdapat play 1 hingga play 10 masing – masing memiliki delay yang berbeda ketika milih play 2 akan bertambah 1 detik dari waktu delay play 1 begitupun untuk play selanjutnya yang akan bertambah 1 detik saja disetiap playnya.

           Kata Kunci : Alpha, Beta, Delay, Komunikasi, Protokol

Subjek

COMMUNICATION PROTOCOLS
WIRELESS COMMUNICATION,

Katalog

PERANCANGAN PROTOKOL KOMUNIKASI SEKITAR PEMUKIMAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAIFUDDIN NUR AR RASYID
Perorangan
AGUS VIRGONO, RANDY ERFA SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini